Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game Mobile dengan Penghasilan Tertinggi 2021, PUBG Mobile Teratas

Kompas.com - 22/12/2021, 08:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Sensor Tower merilis laporan terbaru terkait jumlah pendapatan yang diperoleh game mobile selama satu tahun terakhir.

Dari sekian banyak judul game yang tersebar di Google Play Store dan App Store, ada delapan game yang memperoleh pendapatan tertinggi hingga menembus angka 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 14,2 triliun).

Kedelapan game tersebut tidak hanya diisi dengan judul game kompetitif, melainkan terdapat sejumlah game kasual, seperti Candy Crush Saga.

Dari laporan tersebut diketahui bahwa game battle royale PUBG Mobile menduduki peringkat teratas sebagai game dengan pendapatan tertinggi pada 2021.

Game besutan Tencent ini dilaporkan berhasil meraup pendapatan mencapai 2,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 39,9 triliun).

Besarnya jumlah pendapatan yang diraih PUBG Mobile sejatinya tidak lepas dari tingginya popularitas game tersebut secara global.

Di peringkat kedua ada game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), Honor of Kings.

Baca juga: Daftar Pemenang The Game Awards 2021, It Takes Two Sabet Gelar Bergengsi

Honor of Kings yang juga besutan Tencent, meraih pendapatan yang sama dengan PUBG Mobile, yakni mencapai 2,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 39,9 triliun).

Jumlah pendapatan yang diraih PUBG Mobile dan Honor of Kings ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Pendapatan PUBG Mobile naik 9 persen, sementara Honor of Kings naik 14,7 persen.

Meski memperoleh jumlah pendapatan yang sama, Sensor Tower tidak menjelaskan mengapa PUBG Mobile diposisikan di peringkat pertama, sementara Honor of Kings di peringkat kedua.

Menyusul di bawah PUBG Mobile dan Honor of Kings, game RPG Genshin Impact yang memperoleh pendapatan sebesar 1,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 25,6 triliun).

Game yang dirilis oleh MiHoYo ini menarik minat banyak pemain dengan segudang konten dan pembaruan mencakup karakter, senjata, dan update peta terbaru yang rutin digelontorkan setiap bulannya.

Sejak diluncurkan pada 28 September 2020 lalu, Genshin Impact dilaporkan telah menghasilkan pendapatan sebanyak 2,4 miliar dollar AS (sekitar Rp 34,2 triliun) dari toko aplikasi App Store dan Google Play Store.

Baca juga: Mulai Tahun Depan PUBG Versi PC, Xbox, dan PS4 Bisa Di-download Gratis

Delapan judul game mobile di sepanjang tahun 2021 yang berhasil meraih pendapatan tertinggi di atas angka 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 14,2 triliun).Sensor Tower Delapan judul game mobile di sepanjang tahun 2021 yang berhasil meraih pendapatan tertinggi di atas angka 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 14,2 triliun).
Meski tergolong sebagai game lawas, namun, Roblox sukses meraup pendapatan tinggi setelah masuk platform mobile pada 2012.

Roblox menghasilkan pendapatan 1,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 18,5 triliun) di sepanjang 2021, meningkat 20,3 persen dari tahun lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com