Kompas.com - 22/12/2021, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Sensor Tower merilis laporan terbaru terkait jumlah pendapatan yang diperoleh game mobile selama satu tahun terakhir.

Dari sekian banyak judul game yang tersebar di Google Play Store dan App Store, ada delapan game yang memperoleh pendapatan tertinggi hingga menembus angka 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 14,2 triliun).

Kedelapan game tersebut tidak hanya diisi dengan judul game kompetitif, melainkan terdapat sejumlah game kasual, seperti Candy Crush Saga.

Dari laporan tersebut diketahui bahwa game battle royale PUBG Mobile menduduki peringkat teratas sebagai game dengan pendapatan tertinggi pada 2021.

Game besutan Tencent ini dilaporkan berhasil meraup pendapatan mencapai 2,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 39,9 triliun).

Besarnya jumlah pendapatan yang diraih PUBG Mobile sejatinya tidak lepas dari tingginya popularitas game tersebut secara global.

Di peringkat kedua ada game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), Honor of Kings.

Baca juga: Daftar Pemenang The Game Awards 2021, It Takes Two Sabet Gelar Bergengsi

Honor of Kings yang juga besutan Tencent, meraih pendapatan yang sama dengan PUBG Mobile, yakni mencapai 2,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 39,9 triliun).

Jumlah pendapatan yang diraih PUBG Mobile dan Honor of Kings ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Pendapatan PUBG Mobile naik 9 persen, sementara Honor of Kings naik 14,7 persen.

Meski memperoleh jumlah pendapatan yang sama, Sensor Tower tidak menjelaskan mengapa PUBG Mobile diposisikan di peringkat pertama, sementara Honor of Kings di peringkat kedua.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.