Bocoran Benchmark Dimensity 9000, Ungguli Snapdragon 8 Gen 1?

Kompas.com - 23/12/2021, 12:03 WIB
Chipset MediaTek Dimensity 9000. MediaTekChipset MediaTek Dimensity 9000.

KOMPAS.com - Kemampuan chipset terbaru buatan Mediatek, Dimensity 9000 baru-baru ini terkuak melalui sejumlah hasil uji coba perangkat (benchmark) dan disebar di dunia maya.

Bocoran hasil benchmark tersebut diketahui berdasarkan uji coba di tiga platform pengujian hardware ponsel populer, yaitu AnTuTu (versi 9), Geekbench (versi 5), dan PCMark.

Dalam pengujian melalui AnTuTu, ponsel yang ditenagai Dimensity 9000 disebut memiliki skor performa keseluruhan mencapai 1.017.488 poin.

Baca juga: Daftar Ponsel Pertama yang Pakai Chip Mediatek Dimensity 9000

Skor ini sedikit lebih kecil dibanding bocoran hasil benchmark dari ponsel yang ditenagai dengan Snapdragon 8 Gen 1 beberapa waktu lalu. Di pengujian AnTuTu, ponsel tersebut mampu menghasilkan skor benchmark 1.025.215 poin.

Meski lebih rendah di AnTuTu, skor performa System-on-Chip (SoC) Dimensity 9000 justru sedikit lebih unggul dibanding Snapdragon 8 Gen 1 di platform Geekbench.

Di sana, ponsel dengan Dimensity 9000 disebut mampu menghasilkan skor 1.273 poin untuk performa single-core dan 4.324 poin untuk performa multi-core.

Hasil benchmark ponsel dengan Dimensity 9000 di AnTuTu (kiri), Geekbench (tengah), dan PCMark (kanan).AndroidCommunity Hasil benchmark ponsel dengan Dimensity 9000 di AnTuTu (kiri), Geekbench (tengah), dan PCMark (kanan).

Skor ini sedikit lebih tinggi dibanding bocoran hasil benchmark Geekbench untuk ponsel yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 1. 

Pada platform tersebut, ponsel dengan SoC anyar buatan Qualcomm ini disebut mampu menghasilkan skor 1.219 poin untuk performa single-core dan 3.154 poin untuk performa multi-core.

Sementara itu untuk pengujian menggunakan platfrom PCMark, ponsel dengan Dimensity 9000 kembali mengungguli ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1.

Baca juga: MediaTek Rilis Dimensity 9000, Chip 5G Fabrikasi 4nm

Dalam mode pengujian Work 3.0, chipset flagship terbaru Mediatek itu diklaim mampu menghasilkan skor benchmark 17.573 poin.

Hasil ini sedikit lebih tinggi dibanding chipset flagship teranyar Qualcomm dengan skor 16.858 poin, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidCommunity, Kamis (23/12/2021).

Perlu dicatat, hasil benchmark dari berbagai platform ini sejatinya hanya berupa angka dan biasanya tidak merefleksikan performa penggunaan sehari-hari.

Artinya, kebolehan chipset Dimensity 9000, begitu juga Snapdragon 8 Gen 1, bakal bisa dilihat secara nyata dan akurat pada saat ponsel dengan kedua chipset tersebut dirilis ke publik pada 2022 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.