Trending di Twitter, Apa Itu #TwitterWrapped dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Kompas.com - 23/12/2021, 16:16 WIB
Gambar #TwitterWrapped yang dibuat melalui situs Floom.app. KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaGambar #TwitterWrapped yang dibuat melalui situs Floom.app.

KOMPAS.com - Tagar #TwitterWrapped tengah memuncaki trending di platform mikroblogging Twitter hari ini, Kamis (23/12/2021).

Dari pantauan KompasTekno, tagar #TwitterWrapped masih menduduki trending nomor satu hingga Kamis siang atau sekitar pukul 15.30 WIB. Sejauh ini, terdapat lebih dari 6.200 kicauan yang menampilkan posting yang memuat gambar #TwitterWrapped.

Lantas, apa sebenarnya #TwitterWrapped? Dari penelusuran KompasTekno, #TwitterWrapped adalah sebuah tren yang agaknya mengusung konsep kaleidoskop, seperti Spotify Wrapped, YouTube Music 2021 Recap, atau Instagram 2021 Playback.

Baca juga: YouTube Music Punya Fitur Rekap Tahunan Serupa Spotify Wrapped

#TwitterWrapped trending di Twitter Indonesia.Twitter #TwitterWrapped trending di Twitter Indonesia.

Apabila membuka tagar #TwitterWrapped, akan muncul aneka unggahan gambar yang terbentuk dari rangkaian kata-kata.

Kemungkinan, kata-kata itu diambil dari twit yang pernah diunggah pengguna sepanjang tahun 2021.

Adapun kata yang berukuran paling besar dan paling mencolok, mengindikasikan kata yang paling sering ditwit.

Tidak hanya sebatas pada kata yang paling sering digunakan, #TwitterWrapped juga dapat memuat daftar akun mutual yang kerap berinteraksi dengan pengguna selama tahun 2021.

Baca juga: Dari #Badminton hingga #NFT, Ini 10 Tagar Terpopuler di Twitter Sepanjang 2021

Sementara itu, bentuk gambarnya pun beraneka ragam, mulai dari gambar Larry, si burung biru yang merupakan logo Twitter, pohon cemara, globe, mahkota, es krim, dan sebagainya.

Rupanya, gambar #TwitterWrapped bukan diperoleh dari Twitter. Gambar tersebut diperoleh dari situs pihak ketiga bernama Floom.app. Di situs tersebut, pengguna Twitter bisa "merangkum" twitnya dalam setahun terakhir yang kemudian akan dirangkai menjadi sebuah bentuk.

Untuk menambah kesan menarik, warna pada latar belakang gambar #TwitterWrapped juga dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.