Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Rebut Takhta Google Jadi Website Terpopuler Dunia 2021

Kompas.com - 24/12/2021, 08:06 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CloudFlare

KOMPAS.com - TikTok kian populer. Hal ini terbukti dari laporan terbaru yang dirilis perusahaan penyedia jaringan pengiriman konten (Content Delivery Network), CloudFlare.

CloudFlare menobatkan alamat TikTok.com sebagai situs web (website) paling populer di dunia pada 2021 dalam daftar "Top 10 Most Popular Domains 2021".

Dalam membuat daftar ini, CloudFlare melihat seberapa besar trafik atau lalu lintas internet yang masuk ke domain tersebut.

TikTok.com mengalahkan popularitas situs-situs raksasa dunia lain seperti Google.com, Facebook.com, YouTube.com, Netflix.com, dan lainnya.

Tahun sebelum-sebelumnya, menurut CloudFlare, Google.com menjadi "juara bertahan" sebagai domain situs terpopuler di dunia.

Baca juga: TikTok Kembalikan Fitur yang Sempat Hilang

Dominasi Google.com ini memang tak bisa dipungkiri karena Google menyediakan banyak layanan melalui domain tersebut, mulai dari Maps, Translate, Photos, News, dan lainnya.

Namun, dominasi tersebut dihentikan oleh TikTok.com pada 2021 ini.

Menurut data CloudFlare, domain TikTok.com sebenarnya hanya menempati peringkat ketujuh atau kedelapan dalam daftar domain terpopuler pada tahun 2020 lalu.

Namun, sepanjang tahun 2021 ini, kunjungan ke domain TikTok.com melejit bahkan berhasil mengungguli Google.com.

CloudFlare mengungkapkan, pada awal tahun 2021, TikTok sempat beberapa kali saja menjadi website teratas yang paling sering dikunjungi.

TikTok tercatat pertama kali menempati posisi teratas sebagai situs web yang paling sering dikunjungi selama sehari, yakni pada 17 Februari 2021.

TikTok dominasi posisi atas sebagai situs web terpopuler di akhir 2021.Blog CloudFlare TikTok dominasi posisi atas sebagai situs web terpopuler di akhir 2021.
Domain Google.com pun disebutkan masih sempat menguasai peringkat satu website terpopuler dunia pada awal-awal tahun 2021.

Namun, pada semester kedua 2021, domain TikTok.com mulai mendominasi dan hampir memimpin setiap hari sebagai situs terpopuler dunia mulai Agustus 2021.

Baca juga: Datang Belakangan, Jumlah Domain .id Sudah Lewati co.id

CloudFlare menyebut bulan Oktober dan November sebagai bulannya TikTok, karena platform berbagi video pendek besutan ByteDance ini memimpin sebagai situs terpopuler di dunia, termasuk saat hari besar seperti Thanksgiving (25 November) dan Black Friday (26 November).

Popularitas TikTok yang kian melejit juga menjadi perhatian sendiri bagi pengiklan. Dalam laporan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CloudFlare
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com