SMS Ucapan "Selamat Natal" Pertama di Dunia Laku Terjual Rp 1,7 Miliar

Kompas.com - 24/12/2021, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Ada yang menarik menjelang perayaan Natal 2021 ini.

Pesan SMS (Short Message Service) berisi ucapan "Merry Christmas" atau "Selamat Natal" pertama di dunia, laku dilelang dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT).

Pesan SMS "Selamat Natal" itu terjual senilai 121.000 dollar AS atau setara Rp 1,7 miliar di rumah lelang Aguttes di Paris, Prancis.

SMS "Merry Christmas" pertama di dunia tersebut dikirimkan pertama kali oleh Neil Papworth, seorang insinyur yang bekerja di perusahaan telekomunikasi Britania Raya "Vodafone".

Papworth mengirimkan pesan "Merry Christmas" ke manajernya di Inggris, Richard Jarvis, melalui jaringan Vodafone di komputer miliknya. Jarvis menerima pesan "Merry Christmas" pertama di dunia itu melalui telepon "Orbitel" pada 3 Desember 1992.

"Mereka berada di tengah acara akhir tahun. Jadi dia (Papworth) mengiriminya (Jarvis) pesan 'Selamat Natal'," kata Maximilien Aguttes, kepala pengembangan Rumah Lelang Aguttes.

Baca juga: Gundala dan Sri Asih Bisa Dibeli Melalui NFT, Ini Harganya

Sebagai NFT, pesan SMS "Merry Christmas" dianggap tidak berwujud sehingga melanggar hukum di Prancis. Untuk itu, Rumah Lelang Augettes mencari solusi agar pesan "Selamat Natal" pertama di dunia itu tetap bisa dijual sebagai NFT.

Akhirnya, Rumah Lelang Augettes membingkai gambar dari pesan "Merry Christmas" dan menyertakan kode dan protokol komunikasi asli dari SMS "Merry Christmas" dari Vodafone, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The New York Post, Jumat (24/12/2021).

Video animasi kode protokol komunikasi dari pesan SMS tersebut bisa dilihat di situs resmi Rumah Lelang Augettes melalui tautan berikut ini.

Nah, penawar yang berhasil memenangkan lelang bakal menjadi pemilik eksklusif atas bingkai berisi foto SMS "Merry Christmas" serta replika kode dan protokol komunikasi asli dari SMS "Merry Christmas" pertama di dunia sebagai aset NFT.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.