Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Operator Seluler Jelang Natal dan Tahun Baru 2021

Kompas.com - 24/12/2021, 14:03 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lima operator seluler Indonesia, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Tri (3) Indonesia, dan Smartfren melakukan persiapan menjelang momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2021).

Mereka memprediksi bahwa bakal ada peningkatan trafik jaringan di momen liburan akhir tahun 2021 tersebut.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, masing-masing operator ini telah melakukan optimalisasi dan penambahan kapasitas jaringan seluler mereka.

Baca juga: PPKM Level 3 Nataru Batal, Ini 3 Poin Utama Aturan Pengetatan Kegiatan

Berikut KompasTekno rangkum kesiapan jaringan dan layanan untuk kelima operator seluler ini menghadapi momen Nataru 2021, sebagaimana keterangan resmi dari masing-masing operator, yang kami terima, Kamis (23/12/2021).

1. Telkomsel

Ilustrasi logo TelkomselReska K. Nistanto/KOMPAS.com Ilustrasi logo Telkomsel

Telkomsel memperkirakan bakal ada lonjakan trafik data hingga 15 persen pada momen Nataru nanti dibanding hari biasa. Peningkatan ini berasal dari kegiatan masyarakat di area residensial dan beberapa wilayah yang meningkat pada momen liburan akhir tahun 2021.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel bakal meningkatkan kapasitas jaringan hingga 7,3 TBps, meningkatkan kapasitas transport data antar base transceiver station (BTS) ke 64,26 TB, serta menyiagakan 53 Compact Mobile BTS (COMBAT) di beberapa titik di Indonesia.

Selain itu, operator seluler pelat merah ini juga bakal mengoptimalkan jaringan di 471 titik prioritas (POI).

Ratusan titik tersebut mencakup 261 area khusus macam pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lain sebagainya, 124 titik residensial, 53 titik transportasi, 17 titik jalur logistik, 6 titik rumah ibadah, dan 5 titik rumah sakit.

Sementara untuk layanan pelanggan, Telkomsel juga bakal menyiagakan 411 MyGraPARI, 396 GraPARI, 174 Mobile GraPARI, 472 Call Center Agent, hingga 306 Social Media Agent yang tersebar di seluruh Indonesia.

Layanan pelanggan juga bisa diakses melalui Call Center (188), E-mail (cs@telkomsel.co.id), Twitter (@telkomsel), Facebook (facebook.com/telkomsel), SMS (1111), serta asisten virtual di aplikasi MyTelkomsel dan situs www.telkomsel.com.

Baca juga: Kesiapan Jaringan Telkomsel Hadapi Momen Nataru 2021

2. XL Axiata

Operator seluler XL Axiata.XL Axiata Operator seluler XL Axiata.

XL Axiata memperkirakan bakal ada peningkatan trafik di seluruh layanan sekitar 5-10 persen di momen Nataru nanti.

Peningkatan ini diprediksi bakal datang dari masyarakat yang melakukan perjalanan ke luar kota, terutama ke destinasi wisata di berbagai daerah seperti Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bandar Lampung, hingga Palembang.

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, XL Axiata menyebut pihaknya bakal meningkatkan kapasitas jaringan 2 kali lipat lebih besar dibanding hari biasa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com