Kompas.com - 24/12/2021, 15:16 WIB

KOMPAS.com - Melakukan penangkapan gambar (SS/screenshot) kerap dilakukan pengguna  untuk menyimpan atau mendokumentasikan informasi yang terpampang pada layar perangkat.

Fitur untuk melakukan screenshot pun sudah umum ditemukan di berbagai perangkat, termasuk laptop. Pada laptop berbasis sistem operasi Windows 10 telah tersedia aplikasi khusus untuk SS, yakni Snipping Tool.

Selain Snipping Tool, pengguna juga dapat mengambil screenshot dengan memanfaatkan fitur bawaan dari laptop Windows 10 dengan menggunakan kombinasi tombol.

Apabila Anda ingin mengambil screenshot di laptop Windows 10, simak tiga cara berikut ini.

Cara screenshot di laptop menggunakan Snipping Tool

  1. Cari dan Buka aplikasi Snipping Tool
  2. Setelah terbuka, Anda dapat menyesuaikan bentuk screenshot (SS) yang ingin diambil. Anda dapat memilihnya SS di menu Mode, dengan bentuk yang tersedia antara lain, full screen, persegi panjang, hingga bentuk bebas
  3. Untuk mulai mengambil SS, Klik New dan layar laptop akan freeze (membeku) otomatis
  4. Anda kemudian dapat mengambil SS dengan mengerakkan kursor pada bagian layar yang ingin ditangkap atau dipotret
  5. Setelah bagian layar dipotret, Anda akan ditampilkan jendela baru dari hasil SS di Snipping Tool
  6. Jendela baru tersebut juga dapat berfungsi untuk mengedit SS. Setelah selesai, klik Save atau Ctrl+S untuk menyimpan SS di folder laptop Anda.

Ilustrasi cara SS di laptop Windows 10KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara SS di laptop Windows 10

Cara SS di laptop dengan tombol Windows+PrtSc

Anda juga dapat mengambil screenshot di laptop Windows 10 dengan cara menekan kombinasi tombol "Windows" dan "PrtSc" secara bersamaan. Anda tidak perlu membuka aplikasi apabila menggunakan cara ini.

Setelah Anda tekan tombol Windows+PrtSc, layar laptop Anda akan berkedip. Kedipan tersebut merupakan tanda bahwa SS telah berhasil dilakukan dan tersimpan dengan baik.

File hasil SS dari cara ini akan otomatis tersimpan di folder “ScreenShoot” yang ada di laptop Anda.

Anda tidak bisa memilih atau menentukan bagian layar mana yang akan ditangkap. Jadi, kombinasi tombol tersebut akan menangkap layar secara penuh.

Baca juga: Begini Cara Screenshot Panjang di Ponsel Android

Cara SS di laptop dengan tombol Windows+Shift+S

Selain cara di atas, screenshot di laptop Windows 10 juga dapat diambil dengan cara menekan kombinasi tombol Windows, Shift, dan S secara bersamaan. Anda juga tidak perlu membuka aplikasi lain apabila menggunakan cara ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.