Cara Membuat Balasan E-mail secara Otomatis di Gmail Saat Cuti

Kompas.com - 25/12/2021, 10:11 WIB

KOMPAS.com - Ada saatnya seorang karyawan mengambil cuti untuk pergi berlibur. Namun terkadang tidak semua rekan di kantor atau kolega mengetahui bahwa Anda sedang liburan.

Mereka tetap mengirim e-mail, yang kadang itu bersifat penting menyangkut pekerjaan dan membutuhkan jawaban dari Anda. Ketika Anda sedang berlibur, e-mail masuk tersebut tentu akan cukup mengganggu waktu Anda.

Di sisi lain, mengabaikan e-mail masuk dengan tidak membalasnya, bukan merupakan tindakan yang baik karena bisa saja rekan atau kolega Anda belum mengetahui situasi terbaru Anda saat ini.

Google melalui Gmail sebenarnya menyediakan fitur balasan otomatis yang bisa dipakai ketika Anda sedang liburan. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu membalas email masuk secara manual. Gmail akan memberikan balasan otomatis pada e-mail masuk itu.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gmail yang Penuh

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat menikmati liburan dengan tenang, tapi tetap bisa memberikan pemberitahuan ke rekan atau kolega tentang kondisi Anda saat ini. Apabila Anda ingin liburan, jangan lupa untuk mengaktifkan balasan otomatis Gmail.

Fitur ini dapat diaktifkan melalui Gmail versi web, dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka akun Gmail Anda melalui laman mail.google.com atau gmail.com di browser
  2. Klik ikon gerigi roda, yang terletak di sebelah kanan atas, untuk mengakses menu “Settings” atau “Setelan” 
  3. Setelah itu, pilih opsi “See all settings” atau “Lihat semua pengaturan”
  4. Kemudian gulir ke bawah di bagian tab General atau Umum, hingga menemukan opsi pengaturan yang berjudul “Vacation responder” atau “Penjawab saat libur” 
  5. Setelah itu, Anda akan disajikan dengan pengaturan balasan otomatis yang dapat Anda aktifkan sebelum pergi berlibur
  6. Untuk mengaktifkan balasan otomatis, klik opsi Aktifkan
  7. Kemudian, isi jangka waktu yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur balasan otomatis itu di kolom "Tanggal pertama" dan "Tanggal terakhir"
  8. Setelah itu, ketik subjek e-mail yang Anda inginkan
  9. Kemudian, ketik pesan yang ingin Anda sampaikan sebagai balasan apabila ada e-mail masuk. Misalnya, isi dengan pesan yang memberitahukan bahwa Anda sedang liburan
  10. Kemudian, Anda juga dapat mengatur agar balasan otomatis hanya terkirim untuk orang yang ada di daftar kontak e-mail Anda, dengan mencentang kotak "Kirimkan tanggapan hanya kepada orang-orang di dalam daftar Kontak saya"
  11. Untuk bisa melihat  daftar Kontak, Anda dapat mengaksesnya melalui ikon persegi dengan titik sembilan yang berada di pojok kanan atas. Setelah itu, pilih opsi "Kontak.
  12. Setelah selesai melakukan pengaturan, klik “Save Changes” atau “Simpan Perubahan”.

Ilustrasi cara aktifkan balasan otomatis GmailGmail Ilustrasi cara aktifkan balasan otomatis Gmail

Selain dari Gmail web, Anda juga dapat mengaktifkan fitur balasan otomatis melalui aplikasi Gmail di ponsel. Tahapannya sama dengan ketika Anda mengaktifkan balasan otomatis melalui Gmail Web.

Anda hanya perlu membuka aplikasi Gmail di ponsel kemudian cari menu Settings atau Setelan. Biasanya menu tersebut berada di dalam opsi dengan ikon garis tiga vertikal. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti tahapan di atas.

Setelah fitur ini aktif, Gmail akan membalas email masuk secara otomatis dengan format yang telah Anda atur sebelumnya. Jadi, Anda tidak perlu membalas e-mail itu secara manual. Demikian cara mengaktifkan balasan e-mail otomatis di Gmail, selamat berlibur.

Baca juga: Cara Hapus Seluruh E-mail di Gmail Secara Permanen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.