Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengupas Enam Fitur "Serba Tahan" Oppo A95

Kompas.com - 25/12/2021, 16:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo A95 merupakan smartphone kelas menengah terbaru yang dirilis di Indonesia pada Oktober lalu. Ponsel ini merupakan penerus seri A9 yang dirilis sekitar dua tahun yang lalu.

Oppo A95 mengusung layar seluas 6,43 inci dengan resolusi Full HD Plus. Untuk sektor dapur pacu, Oppo A95 mengandalkan System-on-Chip Qualcomm Snapdragon 662

Dari aspek fotografi, Oppo A95 dibekali kamera selfie beresolusi 16 MP dan tiga kamera utama. Adapun ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Selain spesifikasi andalan di atas, Oppo A95 memiliki keunggulan lain yang terlihat sepele tetapi cukup berguna. Kelebihan tersebut adalah soal daya tahannya. Setidaknya ada enam fitur serba-tahan yang dimiliki Oppo A95.

Pertama, tahan goresan. Oppo A95 disebut memiliki bodi belakang yang antigores. Adanya teknologi pewarnaan terbaru membuat Oppo A95 tak mudah ternoda sidik jari dan tahan goresan.

Oppo mengklaim sudah melakukan serangkaian uji coba untuk menguji ketahanan goresan pada punggung Oppo A95. Misalnya, dengan menggesekkan berbagai jenis bahan seperti sabut baja, karet, dan kain flanel. Hasilnya, tidak ada bekas goresan yang terlihat.

Kedua, tahan air. Oppo A95 memiliki sertifikasi tahan-air IPX4. Sertifikasi ini menjamin Oppo A95 tahan terhadap percikan air, seperti gerimis hujan atau tumbahan air yang tidak disengaja.

Baca juga: Bongkar A95, Oppo Tunjukkan Kualitas Komponen

Ketiga, tahan sinar UV. Bodi Oppo A95 juga disebut tahan terhadap sinar UV. Oppo telah melakukan uji radiasi pada bodi Oppo A95, yakni dengan menerangi sebagian bodi ponsel dengan sinar UV.

Hasilnya, tidak ada perubahan fisik antara bagian bodi yang diterangi oleh sinar UV, dengan bagian lain yang terlindungi. Tes ini dilakukan untuk membuktikan bahwa Oppo A95 memiliki daya tahan atau daya pakai yang cukup lama.

Keempat, tahan banting-api. Oppo A95 diklaim memiliki bodi yang tahan banting dan tak mudah terbakar. Dari hasil tes yang dilakukan Oppo, ponsel A95 disebut masih dapat bertahan setelah diuji jatuh sebanyak 28.000 kali dari ketinggian 10 cm.

Oppo juga membekali Oppo A95 dengan lapisan tahan api di bagian dalam punggung ponsel. Ini dilakukan untuk memastikan ponsel tidak mudah terbakar saat baterai panas atau meledak.

Demi memastikan ketangguhan perangkat, A95 telah melewati serangkaian uji tes ketahanan seperti Core Heat Test, yakni dengan membakar lapisan dalam penutup belakang yang tahan api untuk memastikannya tidak mudah terbakar.

Baca juga: Review Baterai Oppo A95, Awet untuk Main Game dan Streaming Video

Kelima, ketahanan tombol fisik Oppo A95. Tombol pada ponsel Oppo A95 juga telah lolos uji tekan sebanyak 500.000 untuk tombol Power dan 150.000 kali untuk tombol Volume.

Keenam, ketahanan dan keamanan baterai. Terkait baterai, Oppo turut melakukan charging safety test, sebuah uji lanjutan keamanan pengisian daya menggunakan perangkat lunak yang akan secara otomatis menghentikan pengisian daya jika mencapai suhu tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com