5 Cara Membersihkan Keyboard Laptop dengan Mudah

Kompas.com - 27/12/2021, 18:02 WIB
Deretan tombol di aksesori Book Cover Keyboard Slim berukuran besar dan mudah untuk digunakan layaknya papan ketik di laptop. Di sisi atas terdapat rangkaian tombol functions yang sekaligus berperan sebagai shortcut aneka fungsi seperti pengaturan volume dan brightness, hingga tombol khusus DeX
KOMPAS.com/ OIK YUSUFDeretan tombol di aksesori Book Cover Keyboard Slim berukuran besar dan mudah untuk digunakan layaknya papan ketik di laptop. Di sisi atas terdapat rangkaian tombol functions yang sekaligus berperan sebagai shortcut aneka fungsi seperti pengaturan volume dan brightness, hingga tombol khusus DeX

KOMPAS.com - Membersihkan keyboard laptop adalah salah satu hal penting untuk menjaga keawetan perangkat.

Tidak bisa dipungkiri, sebagian orang mengandalkan laptop untuk menunjang kegiatan sehari-hari, seperti kegiatan pembelajaran hingga pekerjaan.

Penggunaan laptop hampir setiap hari tentu saja membuat beberapa bagian laptop juga kotor. Tak hanya layar LCD saja yang perlu Anda bersihkan, keyboard laptop pun sama pentingnya.

Sebab, keyboard laptop justru menyimpan berbagai kotoran dan debu kecil yang tidak terlihat. Coba perhatikan keyboard yang memiliki sela-sela kecil, di situlah tempat-tempat debu dan kotoran bersarang.

Baca juga: Mengenal Jenis Keyboard Berdasarkan Tipe Konektor dan Susunan Hurufnya

Apabila tidak dibersihkan, fungsi keyboard laptop kemungkinan akan menurun lebih cepat. Akan tetapi, cara membersihkan laptop dengan mengusapnya menggunakan lap biasa saja ternyata tidak cukup untuk menghilangkan seluruh debu-debunya.

Lantas bagaimana cara membersihkan keyboard laptop dengan mudah?

Cara membersihkan keyboard laptop

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan keyboard laptop dengan berbagai alat. Berikut ini KompasTekno rangkum lima cara membersihkan keyboard laptop dengan mudah:

Membersihkan menggunakan penyedot debu mini

Cara membersihkan keyboard laptop yang pertama adalah dengan menggunakan penyedot debu mini. Alat ini bisa menarik seluruh kotoran dan debu yang berada di sela-sela keyboard laptop.

Baca juga: Bukan Urutan Alfabet, Ini Alasan Keyboard Pakai Susunan QWERTY

Penyedot debu mini untuk keyboard laptop bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce. Harganya bervariasi, namun rata-rata berkisar di bawah Rp 50.000.

Menggunakan penyedot debu membuat seluruh kotoran hilang secara keseluruhan dan keyboard Anda menjadi bersih kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber wikihow
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.