Layar Televisi Ini Bisa Dijilat untuk Cicipi Langsung Rasa Makanan

Kompas.com - 29/12/2021, 17:16 WIB
Homei Miyashita tengah mengoperasikan Taste the TV hasil inovasinya. YouTube/ Global NewsHomei Miyashita tengah mengoperasikan Taste the TV hasil inovasinya.

KOMPAS.com - Televisi (TV) menjadi perangkat elektronik yang biasa digunakan penonton untuk menikmati berbagai tayangan dalam format audio dan visual.

Namun, bagaimana jadinya bila TV juga bisa dimanfaatkan pemirsa untuk mencicipi rasa makanan yang muncul di TV?

Baru-baru ini, seorang profesor asal Universitas Meiji di Jepang, Homei Miyashita bersama dengan 30 mahasiswanya telah membuat purwarupa layar TV bernama "Taste the TV" (TTTV).

Berbeda dari layar TV pada umumnya, Taste the TV ini memungkinkan pemirsa tidak hanya melihat dan mendengar tayangan, tetapi juga sekaligus mencicipinya secara langsung.

Misalnya, mencicipi rasa makanan yang muncul di tayangan TV. Hal ini dimungkinkan karena TTTV dibekali dengan tambahan sensor baru yang mengandalkan 10 kaleng kecil berisi cairan dari 10 jenis rasa.

Baca juga: Samsung Perkenalkan Remote Televisi Tenaga Surya

Selain itu, TTTV dibekali dengan program resep yang membuat TV bisa "meracik" rasa hingga 20 jenis makanan yang berbeda.

Jika sebagian atau 10 jenis rasa itu digabungkan, sensor pada TTTV dapat meniru cita rasa dari makanan tertentu, mulai dari cokelat hingga pizza. Tiruan rasa ini bisa dicicipi pemirsa dengan cara menjilat layar TTTV.

Tampilan Taste the TV

Namun, bila Anda membayangkan prototipe Taste the TV (TTTV) memiliki bentuk yang sama seperti TV pada umumnya, Anda keliru.

Bentuk Taste the TV (TTTV) lebih mirip seperti tabung pada alat pengaduk adoban kue (mixer) dengan ukuran cukup besar dan dibekali dengan sebuah layar yang diagonal layarnya kira-kira seukuran dengan tablet.

Di tabung "mixer" itulah tempat cairan dari 10 jenis rasa berada. Berbagai cairan jenis rasa akan dicampur sehingga meniru cita rasa makanan yang muncul di TV.

Baca juga: Xiaomi Mi TV Stick Resmi di Indonesia, Sulap Televisi Biasa Jadi Smart TV

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.