Apple Bakal Hilangkan Slot Kartu SIM di iPhone 14?

Kompas.com - 30/12/2021, 09:07 WIB

KOMPAS.com - Apple agaknya semakin serius membuat ponsel bikinannya yakni iPhone, menjadi semakin minim port alias portless.

Setelah menghilangkan jack audio 3.5mm sejak iPhone 7 (2016), Apple disinyalir juga bakal memangkas slot kartu SIM pada iPhone generasi mendatang.

Menurut rumor yang beredar sebelumnya, Apple konon bakal memproduksi iPhone tanpa slot SIM card mulai pada lini iPhone 15 yang konon akan meluncur pada 2023.

Namun, menurut rumor terbaru, iPhone tanpa slot kartu SIM kemungkinan dapat hadir lebih cepat, yakni pada 2022 mendatang melalui lini iPhone 14.

Informasi tersebut berasal dari seorang informan anonim memberi tahu outlet media MacRumors.

Baca juga: Menutup Aplikasi di iPhone untuk Menghemat Baterai, Jangan Lakukan Lagi

Informan itu mengatakan bahwa Apple telah menyarankan operator seluler utama Amerika Serikat (AS) untuk mempersiapkan peluncuran smartphone khusus kartu SIM elektronik (electronic SIM/e-SIM) pada September 2022.

Karena disebutkan "smartphone khusus e-SIM", maka bisa diartikan bahwa smartphone tersebut sudah tidak lagi menggunakan kartu SIM fisik dan bahkan bisa saja tidak lagi memiliki slot kartu SIM fisik.

Informan tersebut juga membagikan dokumen yang terlihat sah, berisi uraian kerangka waktu dari rencana tersebut. Meski begitu, MacRumors menggarisbawahi bahwa dokumen tidak secara khusus menyebutkan Apple atau iPhone.

Menu Setting e-SIM di iPhone XS.KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Menu Setting e-SIM di iPhone XS.
Bila dokumen itu benar adanya, maka ada kemungkinan bahwa Apple bakal mulai memangkas slot SIM Card fisik pada beberapa model iPhone 14, alih-alih pada jajaran iPhone 15.

Apple biasanya memang merilis iPhone terbarunya sekitar bulan September setiap tahun dan pada September 2022 mendatang Apple diharapkan akan merilis iPhone 14 series sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Kamis (30/12/2021),

Halaman:
Sumber MacRumors


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.