TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh Tahun 2021, Ungguli Facebook dkk

Kompas.com - 30/12/2021, 10:05 WIB


KOMPAS.com - Aplikasi media sosial berbasis video pendek, TikTok semakin populer di kalangan masyarakat dunia.

Pasalnya, aplikasi buatan ByteDance tersebut dinobatkan sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh sepanjang tahun 2021 oleh salah satu firma riset aplikasi smartphone, AppTopia.

Dalam laporan terbaru mereka, TikTok mengungguli tiga aplikasi yang dinaungan perusahaan holding Meta, yaitu Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Tiga platform tersebut selama beberapa tahun sebelumnya, menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh.

Baca juga: TikTok Rebut Takhta Google Jadi Website Terpopuler Dunia 2021

AppTopia tidak mengungkap berapa jumlah unduhan yang didapat masing-masing aplikasi yang diriset. Namun, mereka mengklaim jumlah unduhan ini merupakan akumulasi dari jumlah unduhan di smartphone Android dan iOS.

Dominasi TikTok di tahun ini sendiri bisa dibilang tidak begitu mengejutkan. Sebab di tahun 2020 lalu, aplikasi yang dirilis 2016 tersebut juga dinobatkan sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh secara global sepanjang tahun oleh AppTopia.

Tidak hanya AppTopia, firma riset aplikasi lain, yaitu AppAnnie juga memberi gelar yang sama tahun lalu. Bahkan, AppAnnie mengklaim TikTok selalu menduduki posisi teratas sebagai aplikasi paling banyak diunduh di dunia sejak 2018 lalu.

Baca juga: TikTok Jadi Aplikasi Paling Laris, Kalahkan Facebook Sekeluarga

Kembali lagi ke laporan AppTopia tadi, aplikasi bikinan ByteDance lainnya, CapCut juta termasuk dalam satu dari 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia sepanjang tahun ini.

Masuknya CapCut di daftar ini tidak terlepas dari andil TikTok, sebab CapCut merupakan aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit video TikTok.

Adapun CapCut sendiri merupakan aplikasi "pendatang baru" yang ada dalam daftar aplikasi yang paling banyak diunduh di tahun ini, menemani aplikasi-aplikasi lainnya yang sudah populer selama beberapa tahun terakhir seperti Spotify, Zoom, dan lain sebagainya.

Baca juga: TikTok Diprediksi Mendominasi Media Sosial pada 2022

Selengkapnya, berikut 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di 2021 versi AppTopia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Kamis (30/12/2021):

  1. TikTok
  2. Instagram
  3. Facebook
  4. WhatsApp
  5. Telegram
  6. Snapchat
  7. Zoom
  8. Messenger
  9. CapCut 
  10. Spotify
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.