Kompas.com - 30/12/2021, 12:07 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, Instagram gencar "merampingkan" format video yang ada di platformnya. Salah satunya adalah dengan menggabungkan video IGTV dan video di feed dalam satu tab khusus di profil pengguna.

Instagram juga tengah menguji coba melebur format video feed dan IGTV berdurasi kurang dari 15 menit menjadi konten Reels, khusus di wilayah Indonesia dan Jepang.

Pada tahun 2022 mendatang, Instagram juga akan semakin fokus pada konten berformat video, khususnya video pendek yang diunggah di Reels.

Hal ini diungkapkan langsung oleh CEO Instagram Adam Mosseri dalam sebuah video yang diunggah di laman Twitter pribadinya dengan handle @mosseri.

Baca juga: Fitur Balas dan Cantumkan Komentar di Instagram Reels Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

"2022 akan menjadi tahun yang lebih besar (dibandingkan 2021). Kami akan menggandakan fokus kami pada video, (karena) kami tidak lagi hanya aplikasi berbagi foto saja," kata Mosseri.

Ia menambahkan, Instagram akan menggabungkan semua format video yang ada di platform menjadi format Reels dan terus mengembangkan produk tersebut.

Selama ini, Instagram memang memiliki banyak format video di platformnya, yaitu Instagram Stories, video feed, Instagram TV (IGTV), dan yang paling baru adalah Reels.

Dari informasi yang disampaikan Mosseri, Instagram agaknya akan memangkas format video yang ada di platformnya menjadi satu format seragam, yakni Reels, sebagaimana telah diuji coba di Indonesia dan Jepang sejak November 2021.

3 Fokus lain Instagram di 2022

Selain fokus ke video dan Reels, Mosseri juga mengungkap tiga fokus utama lain bagi Instagram di tahun 2022.

Pertama adalah pesan alias messaging. Menurut Mosseri, pesan adalah salah satu cara paling utama bagi orang-orang untuk terhubung secara online.

Halaman:
Sumber Engadget


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.