Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2022, Instagram Akan Lebih Fokus ke Format Video

Kompas.com - 30/12/2021, 12:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Engadget

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, Instagram gencar "merampingkan" format video yang ada di platformnya. Salah satunya adalah dengan menggabungkan video IGTV dan video di feed dalam satu tab khusus di profil pengguna.

Instagram juga tengah menguji coba melebur format video feed dan IGTV berdurasi kurang dari 15 menit menjadi konten Reels, khusus di wilayah Indonesia dan Jepang.

Pada tahun 2022 mendatang, Instagram juga akan semakin fokus pada konten berformat video, khususnya video pendek yang diunggah di Reels.

Hal ini diungkapkan langsung oleh CEO Instagram Adam Mosseri dalam sebuah video yang diunggah di laman Twitter pribadinya dengan handle @mosseri.

Baca juga: Fitur Balas dan Cantumkan Komentar di Instagram Reels Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

"2022 akan menjadi tahun yang lebih besar (dibandingkan 2021). Kami akan menggandakan fokus kami pada video, (karena) kami tidak lagi hanya aplikasi berbagi foto saja," kata Mosseri.

Ia menambahkan, Instagram akan menggabungkan semua format video yang ada di platform menjadi format Reels dan terus mengembangkan produk tersebut.

Selama ini, Instagram memang memiliki banyak format video di platformnya, yaitu Instagram Stories, video feed, Instagram TV (IGTV), dan yang paling baru adalah Reels.

Dari informasi yang disampaikan Mosseri, Instagram agaknya akan memangkas format video yang ada di platformnya menjadi satu format seragam, yakni Reels, sebagaimana telah diuji coba di Indonesia dan Jepang sejak November 2021.

3 Fokus lain Instagram di 2022

Selain fokus ke video dan Reels, Mosseri juga mengungkap tiga fokus utama lain bagi Instagram di tahun 2022.

Pertama adalah pesan alias messaging. Menurut Mosseri, pesan adalah salah satu cara paling utama bagi orang-orang untuk terhubung secara online.

"Dan menurut kami Instagram dapat menjadi tempat terbaik bagi orang-orang untuk terhubung dengan teman-teman mereka tentang minat mereka," kata Mosseri.

Baca juga: Facebook Akhirnya Gabungkan Messenger dan Direct Message Instagram

Selanjutnya, transparansi juga bakal menjadi fokus utama Instagram di tahun depan.

Transparansi di sini agaknya mengacu pada ketebrukaan informasi segala sesuatu soal Instagram.

"Menurut kami, penting bagi orang untuk memahami cara kerja Instagram, jika mereka ingin membentuk Instagram menjadi apa yang mereka inginkan atau yang terbaik untuk mereka," kata Mosseri.

Pada kesempatan terpisah, Mosseri juga sempat mengatakan bahwa Instagram akan menawarkan "akses penting ke data Instagram sehingga peneliti pihak ketiga dapat merancang studi mereka sendiri dan membuat kesimpulan mereka sendiri tentang efek kesejahteraan (Instagram) pada kaum muda".

Hal itu disampaikan Mosseri saat memberi kesaksian kepada anggota Senat Amerika Serikat awal bulan ini, terkait riset internal Facebook yang dibocorkan oleh Frances Haugen.

Riset internal tersebut Sebelumnya, Instagram dituduh menjadi aplikasi yang berbahaya dan toxic khususnya bagi remaja perempuan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Instagram Khawatir Pengguna Remaja Pindah ke Media Sosial Lain?

Tawaran akses ke data Instagram itu juga sejalan dengan fokus Instagram soal transparansi di 2022 mendatang.

Terakhir, kreator konten juga akan menjadi fokus utama Instagram pada tahun depan. Mosseri mengatakan, pihaknya akan meluncurkan beberapa fitur monetisasi baru untuk membantu kreator mencari nafkah di Instagram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Engadget
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com