Kompas.com - 30/12/2021, 13:03 WIB

KOMPAS.com - Menutup akhir tahun 2021, Valve mengumumkan daftar game PC terbaik yang pernah dirilis di platform distribusi game besutannya, yakni Steam Store. Daftar tersebut dirangkum dalam "Best of 2021".

"Best of 2021" menghimpun puluhan game yang dibagi ke dalam enam kategori penghargaan seperti Top Sellers, New Releases, Most Played, Early Access Grads, Best of VR, dan Controller Friendly.

Adapun kategori Top Sellers memuat daftar game yang meraih pendapatan terbanyak dalam satu tahun terakhir.

Baca juga: Daftar Nominasi Game di Ajang Steam Awards 2021

Kategori Top New Releases menampilkan daftar game teratas yang memperoleh pendapatan terbanyak dalam dua minggu paska peluncuran perdananya.

Sementara game yang masuk ke dalam kategori Most Played Games merupakan deretan game yang telah dimainkan oleh lebih dari 200.000 pemain di Steam.

Untuk kategori Top Early Access Grads, Steam menilai berdasarkan pendapatan yang diperoleh game selama sesi akses awal (Early Access) berlangsung.

Top Selling VR Games mencakup game Virtual Reality (VR) yang paling laris, sedangkan Top Controller Games memuat daftar game yang paling sering dimainkan menggunakan controller.

Baca juga: Daftar 10 Game Terburuk Tahun 2021 Versi Metacritic

Mengacu pada situs resmi Steam, game yang tercantum dalam daftar ini dikumpulkan berdasarkan data penjualan game, transaksi di dalam game, dan sebaginya di masing-masing aplikasi mulai 1 Januari hingga 15 Desember 2021.

Artinya, urutan game paling laris tidak ditentukan berdasarkan pemungutan suara atau voting, sebagaimana Steam Awards 2021.

Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan daftar game terbaik menurut versi Steam, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Steam, Rabu (29/12/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.