Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Banyak Di-download Saat Natal 2021

Kompas.com - 31/12/2021, 08:09 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber App Annie

KOMPAS.com - Lembaga riset mobile App Annie merilis laporan berisi daftar jumlah unduhan (download) aplikasi di Hari Natal 2021.

Mengacu pada laporan tersebut, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada 25 Desember 2021.

Popularitas platform berbagi video tersebut kian meroket menjelang hari libur besar. Hal tersebut disebabkan semakin banyak pengguna yang menggunakan TikTok untuk mengisi waktu luang selama liburan.

Adapun laporan kali ini dibuat berdasarkan banyaknya jumlah unduhan dan pengeluaran konsumen secara global yang berasal dari Google Play Store dan App Store.

China juga merupakan salah satu negara yang ikut disurvei dalam laporan kali ini. Hanya saja, data yang dikumpulkan dari Negeri Tirai Bambu tersebut hanya diambil dari pengguna iOS saja.

Baca juga: TikTok Rebut Takhta Google Jadi Website Terpopuler Dunia 2021

Selain TikTok, deretan aplikasi yang berada di bawah payung Meta seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp juga menempati posisi atas.

Instagram menempati peringkat kedua, Facebook di peringkat ketiga dan WhatsApp di peringkat keempat. Kendati demikian, dalam laporan tersebut App Annie tidak menulis jumlah unduhan pasti masing-masing aplikasi tersebut.

Tidak hanya diisi oleh aplikasi media sosial, daftar kali ini juga mencakup sejumlah aplikasi lain. Beberapa di antaranya seperti Shopee yang menduduki posisi kedelapan dan Spotify di posisi sembilan.

CapCut nampaknya semakin marak digunakan pengguna untuk mengedit video. Sebab, aplikasi editing ini berhasil masuk ke dalam daftar aplikasi yang paling banyak diunduh, meski menempati urutan terakhir.

Berdasarkan laporan lembaga riset mobile App Annie, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh selama Natal 2021. App Annie Berdasarkan laporan lembaga riset mobile App Annie, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh selama Natal 2021.
Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan daftar aplikasi yang paling banyak diunduh selama Hari Raya Natal 2021, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari App Annie, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: TikTok Kembalikan Fitur yang Sempat Hilang

1. TikTok
2. Instagram
3. Facebook
4. WhatsApp Messenger
5. Snapchat
6. Facebook Messenger
7. Telegram
8. Shopee
9. Spotify
10. CapCut

Game yang paling banyak diunduh

Dalam laporan yang sama, App Annie turut mengumumkan daftar game yang paling banyak diunduh selama Hari Natal 2021.

Tercatat bahwa Brain Story: Tricky Puzzle merupakan judul game yang berhasil menempati posisi teratas dalam daftar ini, diikuti oleh Poppy Rope Game, Subway Surfers, Free Fire, dan Roblox.

Pencapaian yang diraih game teka-teki tersebut terbilang menakjubkan. Sebab, Brain Story: Tricky Puzzle masih tergolong sebagai game anyar karena baru dirilis pada 21 Desember lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com