Kompas.com - 31/12/2021, 18:16 WIB

KOMPAS.com - Mengakhiri tahun 2021 ini, Apple merilis daftar aplikasi dan game iOS terbaik sepanjang tahun. Daftar tersebut dibuat berdasarkan kualitas aplikasi yang berjalan di produk-produk Apple, seperti iPhone, iPad, Mac, Apple TV, dan Apple Watch.

Daftar ini dirilis dengan tajuk "App Store Award". Aplikasi dan game yang mendapat predikat "terbaik" dalam daftar tersebut tidak hanya dilihat dari popularitas penggunanya.

Apple mengatakan bahwa aplikasi dan game yang memenangkan penghargaan itu, merupakan mereka yang mampu mendorong kreativitas dan menyebarkan semangat pada jutaan pengguna.

"Seperti biasa, kami berfokus pada inovasi teknis, pengalaman pengguna, dan desain. Kemudian kami mempertimbangkan dampak aplikasi ini terhadap kehidupan," tulis Apple di halaman resminya.

Baca juga: TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh Tahun 2021, Ungguli Facebook dkk

"Beberapa membantu kita dalam belajar, meningkatkan pekerjaan, dan bahkan kita bisa menyelamatkan dunia sebagai pahlawan super favorit kita. Merupakan kehormatan bagi kami untuk merayakan pemenang tahun ini," lanjut Apple.

Penghargaan aplikasi terbaik di iPhone, jatuh kepada "Toca Life World". Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Toca Boca menjadi yang terbaik di iPhone karena bisa mengajarkan seni bermain dan ekspresi diri pada anak-anak.

Kemudian, untuk game terbaik di iPhone, jatuh pada LoL (League of Legends): Wild Rift dari Riot Games.

Selain iPhone, ada juga beberapa aplikasi dan game terbaik di masing-masing perangkat Apple. Seperti penghargaan aplikasi terbaik Apple TV jatuh pada "DAZN" dari pengembang DAZN Group.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (31/12/2021), Apple menilai DAZN layak menyandang predikat tersebut karena aplikasi ini mampu membuat budaya olahraga lokal menjadi tersorot secara global.

Sedangkan, game terbaik di Apple TV diberikan pada "Space Marshals 3" dari Pixelbite. Selengkapnya, berikut daftar aplikasi dan game iOS terbaik sepanjang 2021.

Baca juga: Aplikasi di Layar Home iPhone Bisa Disembunyikan, Begini Caranya

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.