Fitur Baru MIUI 13, Ponsel Xiaomi Jadi Lebih Cepat dan Mirip Apple iOS

Kompas.com - 01/01/2022, 18:31 WIB

KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran ponsel Xiaomi 12 series, Xiaomi juga turut mengenalkan antarmuka terbarunya, yakni MIUI 13. Xiaomi menghadirkan banyak pembaruan fitur pada MIUI 13.

Secara umum, MIUI 13 bakal menawarkan peningkatan pengelolaan aplikasi sehingga  perangkat dapat lebih lancar saat membuka dan menjalankan aplikasi. Selain itu, MIUI 13 juga membawa tampilan yang lebih menarik dari antarmuka versi sebelumnya.

Kemudian, MIUI 13 juga membawa penyempurnaan antarmuka untuk perangkat tablet Xiaomi. Jadi, selain MIUI 13 untuk smartphone biasa, Xiaomi juga mengenalkan antarmuka terbarunya khusus untuk tablet, dengan nama MIUI 13 Pad.

Xiaomi sendiri berencana untuk mulai menggelontorkan MIUI 13 pada akhir Januari 2022 di China, kemudian menyusul di negara lainnya. Untuk perangkat yang pertama kali mendapat MIUI 13, tak lain adalah Xiaomi 12, Xiaomi 12 Pro, dan Xiaomi 12X.

Baca juga: Xiaomi 12 dan 12 Pro Meluncur dengan Snapdragon 8 Gen 1, Ini Harganya

Bersamaan dengan itu, Mi 11 Ultra, Mi 11 Pro, dan Mi 11 juga akan mendapat MIUI 13 pertama kali. Sedangkan untuk MIUI 13 Pad, perangkat yang mendapat pembaruan ini adalah Mi Pad 5 Pro dan Mi Pad 5.

Meski belum ada kepastian kapan bakal hadir di Indonesia, simak dulu fitur-fitur yang hadir di MIUI 13 seperti dirangkum KompasTekno berikut ini:

MiSans Font

MiSans Font merupakan desain huruf baru yang dibawa dalam MIUI 13. Xiaomi mengklaim MiSans Font merupakan font yang secara optimal dirancang perusahaan untuk bahasa China dan Inggris, supaya dapat dibaca dengan lebih nyaman.

Dengan fitur OpenType yang ada di MiSans Font, ukuran tanda baca dapat secara otomatis menyesuaikan dengan besar kecilnya huruf.

Widget dinamis

Xiaomi juga membawa tampilan widget baru di MIUI 13. Tampilan widget yang digunakan di MIUI 13 terlihat seperti di iOS 14 atau iOS 15.

Jadi, ada beberapa aplikasi dengan widget dinamis yang dapat disesuaikan ukurannya di layar dalam MIUI 13, seperti widget untuk aplikasi kalendar, pengingat untuk minum air, dan sebagainya.

Baca juga: Fitur Baru MIUI Bakal Bikin Ponsel Xiaomi seperti iPhone

Ilustrasi widget MIUI 13Gizmochina Ilustrasi widget MIUI 13

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.