Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Kecanggihan Smart TV Micro LED Samsung yang Meluncur 2022

Kompas.com - 03/01/2022, 09:14 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Electronics bakal hadir di gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2022 yang tahun ini digelar secara fisik di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (AS) untuk memamerkan sejumlah teknologi dan produk termutakhir buatan mereka.

Menjelang acara yang digelar pada 5-8 Januari 2022 itu, perusahaan asal Korea Selatan tersebut hari ini memperkenalkan jajaran produk Samsung Smart TV generasi terbaru yang bakal dipasarkan sepanjang tahun ini. 

Salah satu seri teranyar yang bisa dibilang paling canggih adalah deretan produk Smart TV berbekal teknologi layar Micro LED yang hadir dalam tiga ukuran, yaitu 89, 101, dan 110 inci.

Baca juga: Mengenal Teknologi Layar Micro LED di Smart TV Samsung

Dibanding beragam produk Samsung TV lainnya, Smart TV dengan teknologi Micro LED ini diklaim jauh lebih mumpuni.

Ilustrasi Samsung Smart TV Micro LED.Samsung Ilustrasi Samsung Smart TV Micro LED.

"Sebagai layar tercanggih Samsung, Micro LED menawarkan kualitas gambar terbaik di kelasnya berkat 25 juta LED berukuran mikrometer yang secara individual menghasilkan cahaya dan warna," tulis Samsung dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (3/1/2022).

Teknologi layar Micro LED Samsung sebenarnya diperkenalkan sejak beberapa tahun lalu. Namun di 2022 ini, teknologi tersebut ditingkatkan dan kini mendukung kedalaman warna greyscale 20-bit, 100 persen color gamut DCI, dan teknologi warna Adobe RGB.

Beragam teknologi warna tersebut memungkinkan gambar di layar Micro LED ditampilkan secara detail, berwarna, dan tentunya lebih jernih dibanding generasi sebelumnya.

Baca juga: Apa Beda TV LCD dan LED?

Selain itu, kualitas gambar di layar tersebut juga didukung dengan tingkat kecerahan layar yang mumpuni, sehingga beragam konten HDR bisa terlihat lebih ciamik.

Bezel super tipis

Ilustrasi Samsung Smart TV Micro LED.Samsung Ilustrasi Samsung Smart TV Micro LED.

Secara desain, aneka Samsung Smart TV berteknologi Micro LED untuk tahun ini hadir dengan bezel super tipis yang nyaris tak tampak. Bahkan, Samsung mengklaim produk-produk tersebut memiliki rasio screen-to-body mencapai 99,99 persen.

Kehadiran teknologi Micro LED juga memungkinkan beragam Smart TV Samsung di 2022 ini hadir dengan beragam fitur penunjang lainnya.

Salah satunya adalah fitur Art Mode untuk menyulap Smart TV menampilkan gambar statis, sehingga menyerupai sebuah lukisan dan bisa mempercantik interior ruangan.

Kemudian ada fitur Multi View yang memungkinkan pengguna melihat konten dari empat sumber yang berbeda secara bersamaan dalam resolusi 4K dengan frame rate 120 fps. 

Ilustrasi Samsung Smart TV Micro LED.Samsung Ilustrasi Samsung Smart TV Micro LED.

Ada pula teknologi Dolby Atmos yang diklaim bisa memberikan pengalaman audio imersif, yang didukung dengan sejumlah saluran speaker yang terletak di sekeliling bingkai Samsung Smart TV 2022 yang dibekali dengan teknologi Micro LED.

Baca juga: Smart TV Samsung Kini Bisa Diperintah dengan Bahasa Indonesia

Executive Vice President and Head of the Sales & Marketing Team Samsung Visual Display Business, Simon Sung mengatakan beragam fitur ini bakal membuat pengalaman audio dan video terasa lebih nyata bagi seluruh kalangan pengguna.

"Dengan jajaran produk baru kami, kami menyediakan pengalaman video dan audio yang imersif dan dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan konsumen," ujar Sung.

"Baik Anda seorang penggemar film, pecinta TV, gamer, maupun penggemar seni, Samsung memiliki penawaran tercanggih yang dapat meningkatkan (suasana) di ruangan apapun," pungkas Sung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com