Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Hal Ini jika Lupa Kata Sandi Akun Google Anda

Kompas.com - 03/01/2022, 10:05 WIB
Soffya Ranti,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akun Google saat ini menjadi bagian yang tak dapat terpisahkan dari berbagai keperluan. Bahkan, jika Anda memiliki dan menggunakan ponsel Android, Anda pasti membutuhkan akun Google untuk log in agar perangkat bisa digunakan dengan optimal.

Tidak sedikit pula orang yang memiliki lebih dari satu akun Google untuk kepentingan berbagai kepentingan. Misalnya untuk memisahkan akun pribadi dan pekerjaan.

Akun Google juga memiliki berbagai fungsi. Mulai dari menyimpan kontak, penyimpanan data seperti di google drive, hingga mengunci ponsel yang hilang. Dengan demikian, akun Google adalah salah satu hal penting yang harus dijaga di dunia maya.

Namun, memiliki beberapa akun dengan kata sandi yang berbeda-beda, terkadang membuat lupa akan password atau kata sandi yang digunakan. Kendati demikian, Anda dapat memulihkan akun Google saat lupa kata sandi.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gmail yang Penuh

Berikut ini KompasTekno merangkum cara memulihkan akun Google ketika lupa kata sandi.

Cara Memulihkan Akun Google Ketika Lupa Kata Sandi

Sebelum mengikuti langkah-langkah untuk memulihkan akun Google, Anda harus mengetahui nomor telepon atau alamat e-mail pemulihan untuk akun Anda tersebut serta nama lengkap di akun Anda.

  • Masuk ke akun Google Anda di https://accounts.google.com
  • Tuliskan alamat e-mail Anda
  • Lalu pilih “Forgot Password/Lupa Kata Sandi”
  • Setelah itu Anda akan diminta menuliskan kata sandi terakhir akun Google Anda namun jika benar-benar terlupa, Anda dapat memilih “Coba Cari Lain”
  • Setelah itu masukkan e-mail pemulihan Anda
  • Cek kotak masuk e-mail pemulihan Anda untuk mendapatkan kode
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengatur ulang kata sandi Anda. Pilih sandi yang kuat yang belum pernah Anda gunakan pada akun tersebut
  • Selesai, jika Anda menyetel ulang kata sandi Anda akan logout di sebagian besar tempat yang menggunakan akun Google Anda dan harus masuk kembali menggunakan kata sandi baru Anda.

Cara lain, Anda dapat memulihkan akun melalui tautan berikut ini.

Baca juga: Menambah Alamat di Google Maps Bisa lewat PC dan HP, Begini Caranya

Cara Memulihkan Akun Google Ketika Lupa E-mail

Tak hanya lupa kata sandi, sebagian orang juga terkadang lupa alamat e-mail akun. Berikut ini beberapa cara memulihkannya.

  • Masuk ke akun Google di https://accounts.google.com
  • Klik “Lupa E-mail”
  • Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon atau alamat e-mail pemulihan
  • Anda akan menerima kode verifikasi di kotak masuk e-mail pemulihan Anda
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan pada daftar nama pengguna yang cocok dengan akun Anda dan pilih salah satu untuk melanjutkan masuk

Jika Anda masih tidak dapat masuk, cobalah untuk menuju tautan berikut ini dan jika Anda masih tidak dapat memulihkan akun Anda dapat membuat akun Google baru. Sekian cara memulihkan akun Google ketika lupa sandi. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com