MacOS Bisa Temukan WiFi dengan Koneksi Terbaik, Begini Caranya

Kompas.com - 03/01/2022, 13:06 WIB
Ilustrasi MacBook Pro. EngadgetIlustrasi MacBook Pro.

KOMPAS.com - Sambungan internet melalui WiFi kerap menjadi pilihan ketimbang paket data seluler karena koneksi internet yang lebih cepat.

Namun, tidak semua WiFi memiliki kualitas koneksi internet yang bagus. Beberapa orang pasti kerap menjumpai kondisi WiFi yang tidak dapat secara optimal memancarkan koneksi internet yang bagus.

Misalnya, kecepatan koneksi internet WiFi kadang bisa melambat atau terputus tiba-tiba. Persoalan ini tentu akan sedikit mengganggu bagi Anda yang sedang bekerja menggunakan laptop dengan membutuhkan koneksi internet WiFi.

Baca juga: 9 Provider Internet dan Daftar Harganya untuk Pasang WiFi di Rumah

Untuk menghadapi persoalan ini, macOS memiliki solusinya. Sedikit informasi, macOS merupakan sistem operasi (OS) yang khusus digunakan pada produk dekstop (komputer dan laptop) dari Apple, seperti Macbook dan iMac.

Bagi Anda pengguna Macbook atau sering disebut Mac, Anda dapat memindai atau scan WiFi terdekat dengan koneksi terbaik. Fitur ini tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Apabila Mac Anda sedang mendapat WiFi dengan koneksi internet yang jelek, coba scan WiFi di Mac dengan cara sebagai berikut:

  1. Arahkan kursor pada ikon WiFi yang berada di bar menu, kemudian tekan tombol "Option (Alt)" dan klik ikon tersebut secara bersamaan.
  2. Lalu, pilih opsi "Open Wireless Diagnostic"
    Ilustrasi cara scan WiFi MacKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara scan WiFi Mac
  3. Setelah itu, akan muncul jendela baru yang memuat menu pengaturan untuk troubleshooting atau memeriksa persoalan jaringan WiFi Anda
  4. Namun, abaikan saja jendela baru tersebut. Kemudian, klik opsi "Window" di bar menu.
  5. Setelah itu, klik opsi "Scan" lalu bakal muncul jendela baru dengan tampilan daftar WiFi, yang sedang tersedia di sekitar Anda
    Ilustrasi cara scan WiFi MacKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara scan WiFi Mac
  6. Klik opsi "Scan Now" yang berada di jendela baru itu.

Ilustrasi cara scan WiFi MacKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara scan WiFi Mac
Setelah Anda klik opsi tersebut, Mac akan memberikan informasi mengenai perangkat WiFi dengan koneksi internet yang paling bagus dari yang lain. Mac akan menampilkan dua perangkat WiFi dengan koneksi internet terbaik.

Baca juga: Jadwal Rilis MacOS Monterey dan Daftar Komputer Mac yang Kebagian

Ilustrasi cara scan WiFi MacKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara scan WiFi Mac
Pertama, WiFi yang punya koneksi internet terbaik pada frekuensi 2,4 Ghz atau "Best 2,4 Ghz". Kedua, WiFi yang punya koneksi internet terbaik pada frekuensi 5 Ghz atau "Best 5 Ghz".

Di bagian "Summary", Anda dapat melihat WiFi dengan "Channel" nomor berapa yang memiliki koneksi internet terbaik atau yang paling sedikit terkena gangguan.

Informasi yang ditampilkan itu dapat Anda gunakan sebagai rujukan ketika WiFi Anda sedang mengalami gangguan. Jadi, Anda bisa menyambungkan Mac ke WiFi lain dengan segera.

Dalam mencoba cara ini, KompasTekno menggunakan Macbook dengan sistem operasi macOS Mojave. Kemungkinan beda versi OS, bakal berbeda juga letak opsinya. Demikian, cara scan WiFi terdekat dengan koneksi terbaik di Mac, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.