Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metaverse Bikinan Samsung Dipamerkan di CES 2022

Kompas.com - 03/01/2022, 16:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semakin booming dan diminati, berbagai perusahaan teknologi mulai memamerkan produk metaverse versinya masing-masing.

Yang paling dekat, perusahaan teknologi raksasa Samsung Electronics bakal memamerkan platform metaverse bernama "My House World Map" ke publik untuk pertama kali pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat, mulai 5 Januari.

Dengan "My House World Map", penggemar Samsung bisa merasakan sensasi menjajal beragam produk Samsung secara langsung di gelaran CES 2022, meski dalam versi virtual.

Baca juga: Intel soal Metaverse: Teknologi Saat Ini Belum Mampu Mewujudkannya

"My House memungkinkan pengguna untuk secara langsung merasakan total 18 produk Samsung, termasuk produk baru untuk tahun 2022," tulis Samsung Electronics di laman Samsung Newsroom, sebagaimana dikutip KompasTekno, Senin (3/1/2022).

Bisa mendekorasi rumah sendiri

Sesuai dengan namanya, "My House World Map" memungkinkan pengguna berada layaknya di rumah sendiri, namun rumah tersebut berada di metaverse.

Metaverse sendiri adalah dunia virtual baru di mana orang direpresentasikan dengan avatar 3D yang unik dan dapat saling berinteraksi.

Di sana, pengguna bisa mendekorasi interior rumah dengan beragam perabot rumah tangga.

Menurut Youngwoong Kwon dari Pusat Pemasaran Global Samsung Electronics, ide besar platform "My House World Map" adalah agar memungkinkan pengguna benar-benar mensimulasikan mendekorasi rumah impiannya, tak hanya membayangkannya dengan imajinasi semata.

"Karena peralatan rumah tangga cenderung berukuran besar, sulit untuk benar-benar mencoba menempatkannya di ruang pengguna sendiri. Melalui My House, mereka juga dapat dengan bebas mendekorasi rumah impian mereka," kata Kwon.

Di My House World Map, pengguna bisa mendekorasi rumah impiannya.Samsung Newsroom Di My House World Map, pengguna bisa mendekorasi rumah impiannya.
Menurut Samsung, pengguna tidak hanya dapat mendekorasi furnitur dan perabot rumah tangga sesuai keinginannya di "My House World Map", namun pengguna juga bisa mempersonalisasi tone warna dan gaya ruang di dalam rumah.

Baca juga: Begini Cara Membuat Avatar di Facebook, Sudah Bisa di Indonesia

Samsung sebenarnya tidak benar-benar membangun metaverse "My House World Map" sendiri, namun bekerja sama dengan Zepeto, platform metaverse asal Korea Selatan yang disebut memiliki 250 juta pengguna di seluruh dunia.

Samsung manfaatkan metaverse untuk  strategi pemasaran dan memberikan ruang interaksi bagi penggemarnya.Samsung Newsroom Samsung manfaatkan metaverse untuk strategi pemasaran dan memberikan ruang interaksi bagi penggemarnya.
Samsung mengatakan terus memanfaatkan metaverse untuk keperluan beragam strategi pemasaran, meningkatkan kesadaran merek, dan menawarkan ruang interaksi yang lebih luas kepada komunitas penggemarnya.

Sebelum "My House World Map", Samsung sudah beberapa kali menggunakan teknologi metaverse untuk memasarkan produknya.

Beberapa contoh di antaranya adalah Photo Booth yang memungkinkan pengguna mengambil gambar dengan Samsung Lifestyle TV gaya hidup serta smartphone Samsung Galaxy.

Baca juga: Facebook Ingin Kembangkan Metaverse, Apa Itu?

Ada pula Galaxy House, di mana pengguna dapat menikmati perangkat Galaxy dengan ikut serta dalam permainan melompat.

Terakhir ada dari segi fashion, Samsung menghadirkan pengalaman mendandani avatar 3D seseorang dengan pakaian bermerek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com