Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word, Romawi dan Angka

Kompas.com - 04/01/2022, 06:38 WIB
Hal terbaik akan hadir dalam hidup orang-orang yang berusaha melakukan hal terbaik -  kata motivasi hidup dari John Wooden. UNSPLASH/JESHOOTS.COMHal terbaik akan hadir dalam hidup orang-orang yang berusaha melakukan hal terbaik - kata motivasi hidup dari John Wooden.

KOMPAS.com - Bagi Anda yang sedang menyusun skripsi, jurnal, atau buku, atau sejenisnya biasanya butuh membuat nomor halaman yang berbeda di Microsoft Word.Tujuannya adalah untuk membedakan antar bagian halaman.

Misalnya, pada bagian "Daftar Isi" menggunakan nomor halaman dengan format angka romawi. Kemudian, bagian "Pendahuluan" dan seterusnya menggunakan nomor halaman dengan format angka biasa.

Membuat nomor halaman berbeda, bisa juga terjadi pada kasus misalnya, pada halaman pertama dan kedua, nomor halamannya "1" dan "2", tapi di halaman selanjutnya justru tidak urut, jadi halaman ketiga dan keempat akan memiliki nomor halaman 5" dan "6".

Baca juga: Cara Kembalikan File Microsoft Word yang Belum Tersimpan Akibat Laptop Mati

Cara membuat halaman berbeda di Microsoft Word

Untuk membuat format halaman yang berbeda seperti contoh kasus di atas, tidak perlu dilakukan satu per satu, yang tentunya akan memakan banyak waktu.

Cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word bisa dilakukan lebih mudah dan efisien. Jadi, Anda tidak perlu hingga membuat dokumen baru supaya bisa membuat nomor halamannya berbeda. Apabila Anda ingin membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word, ikuti cara berikut ini:

1. Membuat layout halaman dengan Section Break

Langkah pertama agar bisa membuat nomor halaman berbeda adalah dengan membuat tata letak (layout) halaman dengan menambahkan fitur Section Break.

Section Break sendiri berfungsi untuk membedakan format halaman satu dengan yang lain, termasuk format nomor halaman.

Jadi, langkah ini penting untuk dilakukan agar nomor halaman bisa muncul berbeda sesuai keinginan Anda di masing-masing halaman. Cara membuat layout halaman dengan Section Break adalah sebagai berikut:

  1. Pilih halaman yang menjadi pemisah dengan halaman lain. Pada contoh kali ini, KompasTekno menggunakan halaman kedua sebagai pemisah dengan yang berikutnya.
  2. Letakkan kursor di bagian akhir teks yang ada di halaman tersebut, kemudian klik tab “Layout”, lalu klik opsi “Breaks” dan pilih “Next Page”.
  3. Nanti akan muncul halaman baru yang format nomor halamannya bisa dibuat berbeda dengan sebelumnya.

Baca juga: Cara Menggunakan Page Break di Microsoft Word dan Jenisnya

Dalam tutorial membuat halaman berbeda di Microsoft Word kali ini, KompasTekno membuat dua bagian tulisan dalam satu dokumen. Bagian pertama adalah ABCD dan bagian kedua adalah EFGH, masing-masing bagian terdiri dari dua halaman.

Ilustrasi cara menambahkan Section BreakKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambahkan Section Break

Section Break digunakan untuk memisahkan bagian tersebut. Pemisah terletak di antara halaman kedua dan ketiga. Jadi logikanya, halaman pertama dan kedua akan memiliki format nomor halaman yang berbeda dengan halaman ketiga dan keempat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.