Pasar PC Diprediksi "Rebound" pada 2021, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 04/01/2022, 08:02 WIB

 

KOMPAS.com - Setelah anjlok pada tahun pertama pandemi Covid-19, yaitu pada 2020, pengiriman (shipment) komputer (PC) desktop diprediksi akan kembali naik hingga akhir tahun 2021.

Meski laporan kuartal IV-2021 belum diterbitkan, riset yang dirilis firma analisis pasar IDC, permintaan desktop PC berbagai vendor macam Dell, HP, Lenovo, hingga Apple (iMac) meningkat hingga akhir tahun 2021.

Bahkan, IDC mengeklaim pengiriman desktop PC dari Lenovo mencapai rekor tertinggi pada tahun tersebut. Walhasil, pengiriman desktop PC pada 2021 diprediksi bakal meningkat 7 persen.

Menurut IDC, peningkatan ini dipicu oleh kegiatan work from office (WFO) dan work from home (WFH) yang berlanjut pada 2021.

Baca juga: Qualcomm Rilis 2 Chip Baru untuk PC dan Laptop Windows

Laporan IDC lanjut mengatakan bahwa pengguna yang WFO bakal membutuhkan desktop PC di kantor mereka, sedangkan pengguna yang masih WFH disebut telah mulai membangun desktop PC untuk kenyamanan bekerja.

Selain kegiatan WFO dan WFH, tak sedikit pula orang yang membutuhkan desktop PC untuk menunjang pekerjaan "rakus" resource yang tidak bisa ditopang oleh kemampuan yang ditawarkan laptop, begitu juga layar luas atau layar ganda yang dimiliki desktop PC.

"Desktop PC menawarkan kemampuan terbaik (dari laptop), dan hal tersebut akan terus menjadi pertimbangan (pengguna)," jelas Research Manager IDC, Jitesh Ubrani, dikutip KompasTekno dari WSJ, Selasa (4/1/2022).

Faktor lainnya yang mendukung peningkatan pengiriman desktop PC pada tahun 2021 adalah fenomena kelangkaan produk semikonduktor atau chip, yang melanda berbagai perusahaan teknologi hingga saat ini.
 
 
Bisa dibilang demikian karena beberapa laptop disebut sulit ditemui di pasaran, karena stoknya habis, sebagai efek domino dari kelangkaan chip. Sebagai "solusi", para vendor laptop ini lebih fokus kepada portofolio produk mereka yang lebih mahal dan menjanjikan.
 
Sehingga, fenomena tersebut membuat desktop PC sebagai alternatif yang murah untuk menunjang pekerjaan, terlepas dari kemampuannya yang bisa dibilang lebih mumpuni dari laptop.
 
Meski diprediksi bakal meningkat pada 2021, IDC memprediksi bahwa pengiriman desktop PC bakal menurun 10 persen pada 2025 mendatang dan angka pertumbuhan pengiriman ditaksir tak akan kembali ke momen sebelum pandemi atau sebelum tahun 2020.
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber WSJ
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.