Moch S. Hendrowijono
Pengamat Telekomunikasi

Mantan wartawan Kompas yang mengikuti perkembangan dunia transportasi dan telekomunikasi.

kolom

Peluang Indosat Ooredoo Hutchison Pasca-merger

Kompas.com - 04/01/2022, 10:02 WIB
Ilustrasi merger Indosat Ooredoo-Hutchison Tri Indonesia. IstIlustrasi merger Indosat Ooredoo-Hutchison Tri Indonesia.

Penggabungan (merger) PT Indosat Ooredoo dan PT Hutchison Tri Indonesia (3), efektif berlaku pada 4 Januari 2022 yang akan diumumkan saat awal perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia hari ini.

Nama perusahaan gabungan yang baru, PT Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) punya direktur utama Vikram Sinha, mantan Direktur PT Indosat Ooredoo dan komisaris utama Halim Alamsyah, Staf Ahli Menteri Keuangan.

Mantan Dirut Indosat, Ahmad Abdulaziz AA Al Neama dan mantan Dirut 3, Cliff Woo, Chiu Man jadi komisaris bersama antara lain Rudiantara, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca juga: Resmi, Indosat dan Tri Efektif Merger 4 Januari 2022

Dari Tri ada dua yang menjabat direktur IOH, yakni Moh Dani Buldansyah dan Lee Chi Hung. Sedangkan dari Indosat ada seorang lagi ex-Indosat, Irsyad Sahroni.

Proses merger ini sangat alot dan beberapa kali sempat tertunda, namun berbuah manis membuat besaran saham CK Hutchison dan Ooredoo South Asia sama, masing-masing 32,82 persen, selain 9,63 persen milik Perusahaan Pengelola Aset (PPA), PT Tiga Telekomunikasi Indonesia (TTI) sebesar 10,77 persen dan masyarakat 13,96 persen.

Merger, menurut keyakinan kedua perusahaan yang bergabung, memiliki manfaat strategis dengan skala yang lebih besar dan struktur biaya yang lebih efisien, spektrum frekuensi teragregat dan kapasitas, kecepatan dan layanan yang handal.

Kondisi ini membuat mereka siap melakukan investasi untuk layanan generasi kelima (5G) yang padat modal. Terjadi efisiensi di biaya modal untuk memperluas jangkauan.

Penggabungan infrastruktur memungkinkan mereka melakukan perluasan jangkauan dengan biaya modal lebih murah, memanfaatkan infrastruktur yang direlokasi, serta pengurangan duplikasi dalam penggunaan teknologi.

Indosat Ooredoo Hutchison berpeluang menambah jumlah pelanggan terutama terhadap calon pelanggan kalangan anak muda dan mahasiswa, sebab apa yang ditawarkan Hutchison Tri (3) yang murah meriah, akan tetap berlaku.

Baca juga: Eks Menkominfo Rudiantara Jadi Komisaris Indosat Ooredoo Hutchison

Apalagi jika IOH tetap mempertahankan tarif layanan lebih murah untuk kawasan timur yang mayoritas dikuasai Telkomsel yang tarif layanannya sedikit mahal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.