Ultah Ke-13 Bitcoin, Ini 8 Pencapaian hingga Kini

Kompas.com - 04/01/2022, 12:04 WIB
Bitcoin adalah mata uang kripto pertama yang memiliki nilai kapitalisasi paling besar Sumber: PixabayBitcoin adalah mata uang kripto pertama yang memiliki nilai kapitalisasi paling besar

KOMPAS.com - Tepat pada 3 Januari 2022, salah satu mata uang kripto (cryptocurrency) yang bisa dibilang terpopuler dan termahal di dunia, Bitcoin, resmi berumur 13 tahun.

Informasi tentang Bitcoin sebenarnya sudah dirilis dalam dokumen white paper yang ditulis  oleh seorang pengguna yang memiliki nama samaran Satoshi Nakamoto pada 28 Oktober 2008.

Namun, mata uang kripto tersebut baru terbentuk pada 3 Januari 2009, sehingga banyak orang yang menetapkan tanggal ini sebagai hari lahir Bitcoin.

Banyak pencapaian yang diraih Bitcoin sepanjang 13 tahun berperan sebagai mata uang kripto. Pencapaian ini terutama terjadi pada 2021, tahun ketika satu keping Bitcoin sempat memiliki nilai 69.000 dollar AS atau sekitar Rp 987 juta.

 Baca juga: Satoshi Nakamoto Mengaku Bukan Pencipta Bitcoin

Lantas, apa saja pencapaian-pencapaian tersebut? Selengkapnya, simak delapan pencapaian Bitcoin yang terjadi selama 13 tahun terakhir, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Selasa (4/1/2022).

1. Valuasi Bitcoin capai 1 triliun dollar AS

Pada 19 Februari 2021, valuasi pasar (market value) Bitcoin resmi menyentuh angka 1 triliun dollar AS atau sekitar Rp 14.300 triliun.

Target valuasi pasar tersebut dicapai lantaran Bitcoin mendapatkan dukungan dari berbagai perusahaan dan investor besar macam Tesla, Square, hingga MicroStrategy. Ketiga perusahaan ini mulai mengalirkan kas perusahaannya untuk membeli Bitcoin.

Berdasarkan data CoinDesk, market value Bitcoin sendiri saat ini berada di angka 874 miliar dollar AS atau sekitar Rp 12.500 triliun.

2. Morgan Stanley tawarkan akses Bitcoin ke nasabah

Ilustrasi bitcoin. PIXABAY/MICHAELWUENSCH Ilustrasi bitcoin.

Pada Maret 2021, perusahaan investasi dan bank asal AS, Morgan Stanley resmi menjadi perusahaan asal AS pertama yang menawarkan akses Bitcoin kepada para nasabahnya.

Baca juga: Akademisi Sebut Bitcoin Tak Akan Bertahan Lama

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.