Selamat Tinggal BlackBerry OS dan Ponsel BlackBerry Lawas

Kompas.com - 04/01/2022, 13:03 WIB
Trackpad pada BlackBerry Classic bisa dimanfaatkan untuk melakuakn aneka hal terkait fungsi navigasi, seperti menyeleksi teks (dengan menahan tombol shift). Tapi kebanyakan fungsi pada sistem operasi BlackBerry OS 10 lebih nyaman dijalankan memakai touchscreen karena memang dirancang untuk layar sentuh Oik Yusuf/ Kompas.comTrackpad pada BlackBerry Classic bisa dimanfaatkan untuk melakuakn aneka hal terkait fungsi navigasi, seperti menyeleksi teks (dengan menahan tombol shift). Tapi kebanyakan fungsi pada sistem operasi BlackBerry OS 10 lebih nyaman dijalankan memakai touchscreen karena memang dirancang untuk layar sentuh

KOMPAS.com - Terhitung hari ini, Selasa (4/1/2022) BlackBerry menghentikan dukungan untuk sistem operasi BlackBerry OS (BBOS). Dengan dihentikannya dukungan ini, maka semua ponsel dan tablet yang menjalankan layanan tersebut tidak bisa lagi digunakan.

BlackBerry menghentikan dukungan untuk sistem operasi BlackBerry 7.1 OS dan versi sebelumnya, BlackBerry 10, serta BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya.

Dengan demikian, jajaran ponsel lawas BlackBerry yang sempat hits pada tahun 2010-an seperti BlackBerry Bold, Torch, Curved, hingga Z10 tidak bisa lagi digunakan.

Hal ini diumumkan BlackBerry (BB) secara langsung melalui laman FAQ di situs resminya.

Baca juga: BlackBerry Siapkan Ponsel 5G dengan Keyboard Fisik, Ada Program untuk Peminat

"Mulai 4 Januari 2022, perangkat yang menjalankan layanan dan OS lawas ini melalui operator atau koneksi Wi-Fi, tidak akan lagi berfungsi dengan andal, termasuk untuk koneksi data, panggilan telepon, SMS, dan 9-1-1," tulis BlackBerry di halaman resminya.

Penghentian dukungan tiga OS lawas BlackBerry itu jugaa berdampak pada fungsi untuk sejumlah aplikasi seperti alamat e-mail yang di-hosting BlackBerry, BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend, serta BlackBerry Protect.

Alasan dihentikannya dukungan terhadap ketiga operasi lawas tersebut menurut BlackBerry, adalah karena bisnis BlackBerry kini sudah pindah haluan.

BlackBerry yang semula memproduksi ponsel untuk konsumen, kini menjadi perusahaan yang fokus menyediakan software dan layanan keamanan cerdas (intelligent security) untuk perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia.

Baca juga: Inilah Titan Pocket, Ponsel Android Mirip BlackBerry

Penghentian dukungan ini tidak dilakukan secara tiba-tiba. BlackBerry sendiri sudah memberikan tiga OS lawas tersebut tambahan dukungan selama dua tahun.

"Pada tahun 2017, kami berkomitmen untuk menyediakan setidaknya dua tahun lagi dukungan untuk BlackBerry 10 dan setidaknya dua tahun akses jaringan BlackBerry untuk perangkat yang menjalankan BBOS," tulis BlackBerry.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BlackBerry
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.