Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyembunyikan Isi Pesan WA di Notifikasi Agar Tidak Diintip Orang Lain

Kompas.com - 04/01/2022, 17:05 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengaktifkan preview atau pratinjau pesan WhatsApp di notifikasi dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui pesan yang masuk dan membalasnya dengan cepat. Namun, di sisi lain pesan yang muncul dalam notifikasi bisa saja diintip oleh orang lain.

Pengguna WhatsApp sejatinya bisa menyembunyikan isi pesan di notifikasi untuk menjaga privasinya. Pengguna WhatsApp di iOS maupun Android bisa melakukan hal ini.

Untuk menyembunyikan isi pesan yang muncul di notifikasi WhatsApp, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Berikut KompasTekno rangkumkan cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi supaya tidak mudah diintip oleh orang lain.

Baca juga: Cara Cepat Membuat Akun WhatsApp Business untuk Pelaku Usaha

WhatsApp di iOS

  1. Buka menu pengaturan notifikasi yang ada di ponsel Anda. Pada kesempatan kali ini, KompasTekno menggunakan iPhone dengan sistem operasi iOS 15.0.2.
  2. Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan” atau “Settings”
  3. Setelah itu, pergi ke menu pengaturan notifikasi dengan klik opsi “Notifications”
  4. Gulir ke bawah hingga menemukan aplikasi Whatsapp, selanjutnya pilih aplikasi tersebut untuk pengaturan notifikasi
  5. Kemudian, pada bagian “Lock Screen Appereance” atau “Tampilan Layar Terkunci”, pilih opsi “Tampilkan Pratinjau” atau “Show Preview”
  6. Terakhir, pilih opsi “Never”.

Ilustrasi cara sembunyikan isi pesan WA di notifikasiKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara sembunyikan isi pesan WA di notifikasi

Ketika Anda memilih opsi tersebut, isi pesan WA di notifikasi hanya akan menampilkan nama pengirim dengan tulisan “Notification” atau “Pemberitahuan”.

WhatsApp di Android

Sementara untuk menyembunyikan isi pesan WA di notifkasi Android, caranya sedikit berbeda.

Pertama, buka aplikasi WA di ponsel Android Anda kemudian klik ikon titik tiga untuk mengakses menu pengaturan. Kemudian, pilih opsi “Notifikasi” dan klik opsi “Notifikasi popup”. Terakhir, pilih opsi “tidak ada pop up”.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nama di WhatsApp Agar Tampil Kosong

Selain cara di atas, menyembunyikan isi pesan WA di notifkasi Android bisa dilakukan dengan mengaktifkan kunci fingerprint pada aplikasi WA terlebih dahulu. Caranya, buka aplikasi WA di ponsel Android Anda, lalu klik ikon titik tiga untuk mengakses menu pengaturan.

Setelah itu, klik opsi "Akun" lalu klik opsi "Privasi". Selanjutnya, pilih kunci Sidik Jari atau fingerprint lock. Kemudian hidupkan pengaturan untuk membuka kunci dengan sidik jari. 

Dengan begitu, isi pesan tidak akan muncul selama kunci belum dibuka. Demikian cara menyembunyikan isi pesan WA di notifikasi, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com