Apple Jadi Perusahaan Pertama di Dunia Bernilai Rp 42.000 Triliun

Kompas.com - 04/01/2022, 18:04 WIB

KOMPAS.com - Apple kembali mencetak pencapaian baru. Perusahaan yang dirintis oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak ini sempat menembus nilai kapitalisasi pasar hingga 3 triliun dollar AS atau lebih dari Rp 42.000 triliun (kurs Rp 14.280) pada sesi perdagangan pertama di tahun 2022, tepatnya Senin (3/1/2022).

Angka tersebut membuat Apple kembali memecahkan rekor baru sebagai perusahaan pertama di dunia yang berhasil menembus nilai kapitasisasi pasar hingga 3 triliun dollar AS.

Sebelumnya, pada 2018, Apple juga menjadi perusahaan AS sekaligus perusahaan teknologi pertama di dunia yang mencapai valuasi 1 triliun dollar AS, mendahului para rivalnya sesama perusahaan teknologi, seperti Amazon, Alphabet (perusahaan induk Google), dan Microsoft.

Baca juga: Apple Akhirnya Jadi Perusahaan Teknologi Pertama Bernilai 1 Triliun Dollar AS

Dua tahun kemudian atau tepatnya pada 2020, produsen iPhone, iPad, iMac ini kembali menjadi perusahaan teknologi pertama yang mencapai nilai kapitalisasi pasar 2 triliun dollar AS.

Harga saham menghijau

Nilai kapitalisasi pasar Apple terpantau sempat menembus 3 triliun dollar AS selama perdagangan intraday pada hari Senin (3/1/2022). Rekor tersebut tercapai setelah harga saham Apple menyentuh level 182,86 dollar AS (kira-kira Rp 2,62 juta).

Namun, saat penutupan sesi perdagangan di hari yang sama, harga saham Apple turun sedikit di kisaran harga 182,01 dollar AS (kira-kira Rp 2,6 juta) sehingga membuat nilai kapitalisasi pasarnya kembali turun tipis ke kisaran 2,99 triliun dollar AS.

Baca juga: Microsoft Susul Apple Jadi Perusahaan 2 Triliun Dollar AS

Secara umum, harga saham Apple naik 2,5 persen pada akhir sesi perdagangan hari pertama di tahun 2022.

Harga saham menghijau, Apple sempat menyentuh nilai kapitalisasi pasar 3 triliun dollar AS pada sesi perdagangan Senin (3/1/2022).Google Finance Harga saham menghijau, Apple sempat menyentuh nilai kapitalisasi pasar 3 triliun dollar AS pada sesi perdagangan Senin (3/1/2022).
Pencapaian nilai kapitalisasi 3 triliun dollar AS ini sebagian besar bersifat simbolis. Artinya, capaian ini menunjukkan bahwa investor tetap optimistis pada saham Apple dan kemampuan perusahaan untuk tumbuh.

Selama 2021, saham Apple juga menghijau yakni tercatat naik hingga 34 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Selasa (4/1/2022).

Tak hanya harga sahamnya yang menghijau, performa bisnis Apple di semua lini produknya juga dilaporkan meningkat.

Baca juga: Apple Jadi Perusahaan Teknologi Nomor 1 di Dunia

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.