Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Jadi Perusahaan Pertama di Dunia Bernilai Rp 42.000 Triliun

Kompas.com - 04/01/2022, 18:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Apple kembali mencetak pencapaian baru. Perusahaan yang dirintis oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak ini sempat menembus nilai kapitalisasi pasar hingga 3 triliun dollar AS atau lebih dari Rp 42.000 triliun (kurs Rp 14.280) pada sesi perdagangan pertama di tahun 2022, tepatnya Senin (3/1/2022).

Angka tersebut membuat Apple kembali memecahkan rekor baru sebagai perusahaan pertama di dunia yang berhasil menembus nilai kapitasisasi pasar hingga 3 triliun dollar AS.

Sebelumnya, pada 2018, Apple juga menjadi perusahaan AS sekaligus perusahaan teknologi pertama di dunia yang mencapai valuasi 1 triliun dollar AS, mendahului para rivalnya sesama perusahaan teknologi, seperti Amazon, Alphabet (perusahaan induk Google), dan Microsoft.

Baca juga: Apple Akhirnya Jadi Perusahaan Teknologi Pertama Bernilai 1 Triliun Dollar AS

Dua tahun kemudian atau tepatnya pada 2020, produsen iPhone, iPad, iMac ini kembali menjadi perusahaan teknologi pertama yang mencapai nilai kapitalisasi pasar 2 triliun dollar AS.

Harga saham menghijau

Nilai kapitalisasi pasar Apple terpantau sempat menembus 3 triliun dollar AS selama perdagangan intraday pada hari Senin (3/1/2022). Rekor tersebut tercapai setelah harga saham Apple menyentuh level 182,86 dollar AS (kira-kira Rp 2,62 juta).

Namun, saat penutupan sesi perdagangan di hari yang sama, harga saham Apple turun sedikit di kisaran harga 182,01 dollar AS (kira-kira Rp 2,6 juta) sehingga membuat nilai kapitalisasi pasarnya kembali turun tipis ke kisaran 2,99 triliun dollar AS.

Baca juga: Microsoft Susul Apple Jadi Perusahaan 2 Triliun Dollar AS

Secara umum, harga saham Apple naik 2,5 persen pada akhir sesi perdagangan hari pertama di tahun 2022.

Harga saham menghijau, Apple sempat menyentuh nilai kapitalisasi pasar 3 triliun dollar AS pada sesi perdagangan Senin (3/1/2022).Google Finance Harga saham menghijau, Apple sempat menyentuh nilai kapitalisasi pasar 3 triliun dollar AS pada sesi perdagangan Senin (3/1/2022).
Pencapaian nilai kapitalisasi 3 triliun dollar AS ini sebagian besar bersifat simbolis. Artinya, capaian ini menunjukkan bahwa investor tetap optimistis pada saham Apple dan kemampuan perusahaan untuk tumbuh.

Selama 2021, saham Apple juga menghijau yakni tercatat naik hingga 34 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Selasa (4/1/2022).

Tak hanya harga sahamnya yang menghijau, performa bisnis Apple di semua lini produknya juga dilaporkan meningkat.

Baca juga: Apple Jadi Perusahaan Teknologi Nomor 1 di Dunia

Hal ini terlihat dari pendapatan pada kuartal IV-2021 di mana pendapatan Apple mencapai 84,85 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.216 triliun), naik hingga 29 persen dari tahun-ke-tahun.

Dari semua lini produk, iPhone masih menjadi pendorong penjualan terbesar bagi bisnis Apple dengan kontribusi pendapatan hingga 38,87 miliar dollar AS (sekitar Rp 557 triliun) pada kuartal IV-2021.

Perusahaan teknologi dengan nilai kapitalisasi pasar bombastis

Apple tampaknya harus waspada jika ingin mengamankan rekor barunya. Sebab pesaingnya juga berambisi untuk menyentuh kapitalisasi pasar di level yang sama.

Tepat di bekalang Apple, ada Microsoft yang juga bergerak menuju perusahaan 3 triliun dollar AS. Menurut data CompaniesMarketCap, nilai kapitalisasi pasar Microsoft kini berada di kisaran 2,51 triliun dollar AS.

Baca juga: Apple Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar di Dunia

Di samping itu, masih ada sejumlah perusahaan teknologi lainnya yang terus merangkak untuk menjadi perusahaan bernilai 2 triliun dollar AS, seperti Google (1,92 triliun dollar AS), Amazon (1,72 triliun dollar AS), dan Tesla (1,2 triliun dollar AS).

Pada akhir Juni  2020 lalu, Meta (dulu Facebook Inc.) juga sempat menyentuh nilai kapitalisasi pasar 1 triliun dollar AS. Namun tak lama, kapitalisasi pasar perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu kembali turun ke kisaran 940 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com