Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot dengan Mudah

Kompas.com - 05/01/2022, 13:45 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan dunia digital turut medorong banyak sektor. Tidak terkecuali dalam berjarya maupun berbisnis yang kini banyak dilakukan secara daring atau online

Sebagian besar pelaku usaha memanfaatkan banyak media untuk kegiatan marketing. Salah satunya adalah melalui blog.

Blog adalah media online yang biasanya berisi berbagai publikasi berupa tulisan, foto, maupun video. Hasil-hasil dari publikasi tersebut nantinya dapat dioptimasi agar dapat terindeks oleh mesin pencarian, seperti Google.

Baca juga: Baru 10 Bulan, Aplikasi Google Blog Compass Sudah Ditutup

Sejauh ini, untuk membuat blog atau website harus membeli layanan domain atau hosting dengan harga yang bervariasi. Namun, jika Anda merasa berat untuk membuat blog atau website secara berbayar, tak perlu khawatir karena Google memberikan layanan blog gratis, yakni Blogspot atau dikenal pula dengan Blogger.

Platform blog ini bisa jadi terdengar lawas. Tapi, Blogspot masih menarik untuk dicoba karena simpel, cukup praktis dan mudah dikelola Blogger baru. Hal ini jadi nilai lebih bagi para Blogger awal.

Baca juga: Twitter Bikin Tombol DM untuk Situs dan Blog Pribadi

Cara membuat blog gratis di Blogspot

Berikut ini KompasTekno rangkum bagaimana cara membuat blog gratis di Blogspot dengan langkah-langkah berikut ini:

Cara Membuat Blog Gratis di BlogspotKompas.com/SoffyaRanti Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

  1. Masuk ke Blogger menggunakan email dan password Google Anda. Jika belum memiliki akun Google, Anda wajib membuatnya terlebih dahulu. 
  2. Setelah masuk ke halaman Blogger Anda akan diarahkan untuk memberi nama tampilan blog Anda.
  3. Selanjutnya beri nama Uniform Resource Locator (URL) blog Anda. URL ini adalah alamat web, di mana orang akan menemukan blog Anda. Nama URL blog harus unik, sehingga kolom alamat blog akan ditandai centang biru, menandakan bahwa URL tersebut tersedia
  4. Karena nama domain ini gratis, maka nama blog Anda secara default akan memiliki nama domain blogspot.com di akhir alamat situs.
  5. Konfirmasikan nama tampilan blog Anda, setelah itu klik “Selesai”
  6. Setelah selesai, edit blog Anda sesuai yang Anda inginkan mulai dari tata letak hingga template menu tersebut berada pada bagian paling kiri
  7. Selesai, kini blog Anda telah berhasil dibuat
  8. Untuk mengunggah konten baru, klik “Postingan Baru”

Baca juga: Google Paksa Blogspot Pakai Domain Indonesia

Jika Anda ingin mengubah tampilan blog, Anda dapat mengubahnya kembali pada menu Blogger. Dari situ, Anda bisa mengubah tampilan template, header, dan sebagainya. Itulah cara membuat blog gratis di blogspot dengan mudah. Semoga membantu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.