Telkomsel dan XL Axiata Catat Kenaikan Trafik Saat Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 06/01/2022, 06:39 WIB
Ilustrasi jaringan data Shutterstock.comIlustrasi jaringan data

KOMPAS.com - Momen libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2021/2022), membuat trafik operator seluler Telkomsel dan XL Axiata melonjak. Secara umum, keduanya mencatat bahwa kenaikan trafik masih didominasi oleh layanan data.

Kenaikan trafik data ini didongkrak oleh aktivitas web browsing serta penggunaan aplikasi media sosial, streaming video, marketplace, dan game yang juga meningkat dibandingkan hari biasanya.

Sementara untuk trafik layanan legacy (suara dan SMS), kenaikannya tipis, bahkan menurun saat Natal dan Tahun Baru (Natal) 2021/2022.

Baca juga: Telkomsel Prediksi Trafik Data Naik 15 Persen Saat Momen Nataru 2021

Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjabaran kenaikan trafik Telkomsel dan XL Axiata, berdasarkan keterangan tertulis yang dikirim masing-masing operator seluler ke KompasTekno, Rabu (5/1/2022).

Kenaikan trafik Telkomsel

Saat momen Nataru 2021/2022, Telkomsel melihat kenaikan trafik data paling besar terjadi saat malam Natal 2021.

Pada momen tersebut, payload jaringan broadband Telkomsel naik sebesar enam persen bila dibandingkan dengan hari biasa di tahun 2021, atau tumbuh sekitar 22 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara saat malam pergantian Tahun Baru 2022, Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik data sebesar 10 persen bila dibandingkan hari biasa 2021, atau meningkat hingga 20 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Secara keseluruhan, Telkomsel mencatat total trafik payload broadband Telkomsel selama momen Nataru 2021/2022 mencapai 44 petabyte (Pb), atau tumbuh sekitar 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: Antisipasi Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik Internet Natal dan Tahun Baru

Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, lonjakan trafik data Telkomsel saat Nataru itu terjadi seiring dengan adanya peningkatan akses ke layanan digital oleh pelanggan dibandingkan hari biasa di 2021.

Telkomsel mencatat, saat Nataru 2021/2022, akses layanan e-commerce tumbuh hingga 21 persen, akses media sosial mencapai 15 persen, aktivitas browsing tumbuh 11 persen, streaming video naik sekitar 13 persen, mobile gaming melonjak 87 persen, dan akses communication (instant messaging dan video conference) mencapai 12 persen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.