Cara Daftar Kartu Prakerja 2022 dan Syarat-syaratnya

Kompas.com - 06/01/2022, 13:32 WIB
Banyak pekerja yang di-PHK berusaha mendaftarkan diri untuk mendapat bantuan lewat skema Kartu Prakerja ADITYA PRADANA PUTRA/AntaraBanyak pekerja yang di-PHK berusaha mendaftarkan diri untuk mendapat bantuan lewat skema Kartu Prakerja

KOMPAS.com - Pendaftaran akun Kartu Prakerja 2022 baru saja dibuka menjelang persiapan gelombang 23. Proses pendaftaran Kartu Prakerja 2022 dapat diikuti melalui situs prakerja.go.id.

Program Kartu Prakerja 2022, sebagai bantuan sosial, masih berjalan sama seperti tahun sebelumnya. Peserta bakal mendapat pelatihan persiapan kerja dan insentif yang diberikan oleh pemerintah.

Insentif yang diberikan di Kartu Prakerja 2022 jumlahnya pun masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp 2,4 juta, yang terdiri dari Rp 600.000 per bulan selama empat bulan.

Baca juga: Link Dashboard Prakerja untuk Cek Lolos Seleksi atau Tidak

Insentif tersebut bisa digunakan untuk mengikuti program pelatihan persiapan kerja dalam berbagai bidang yang diselenggarakan institusi mitra pemerintah. Mengutip Kompas.com, Kamis (6/01/2022), saat ini sudah terdapat 181 institusi dengan 684 program pelatihan.

Untuk mengikuti program Kartu Prakerja 2022, Anda juga harus memiliki akun Kartu Prakerja terlebih dulu. Apabila Anda belum memiliki akun Kartu Prakerja, berikut cara mendaftar akun Kartu Prakerja 2022:

  1. Kunjungi situs ini https://www.prakerja.go.id 
  2. Klik opsi “daftar sekarang”
  3. Masukkan alamat e-mail aktif Anda beserta passwordnya
  4. Setelah itu, klik opsi “daftar”
  5. Prakerja bakal mengirim pesan ke e-mail yang Anda masukkan tadi
  6. Buka pesan tersebut di e-mail Anda untuk memverifikasi akun Kartu Prakerja

Setelah verifikasi, kini Anda telah memiliki akun Kartu Prakerja. Setelah Anda memiliki akun, persiapkan dulu syarat daftar program Kartu Prakerja gelombang 23. Mengutip prakerja.go.id, berikut syarat daftar Kartu Prakerja gelombang 23:

  • WNI (Warga Negara Indonesia) berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Setelah akun dan syarat sudah Anda persiapkan, Anda dapat memulai untuk mendaftar program Kartu Prakerja gelombang 23.

Baca juga: Cara Daftar TikTok Shop untuk Jualan Online

Namun, terpantau di prakerja.go.id, saat ini program Kartu Prakerja gelombang 23 belum tersedia.

Berdasarkan informasi terakhir, program Kartu Prakerja gelombang 23 bakal di buka sekitar awal Februari.

Dengan persiapan daftar akun dan syarat Kartu Prakerja ini, Anda nanti bisa langsung mendaftar program Kartu Prakerja gelombang 23 ketika sudah dibuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.