Anker Luncurkan Charger 100W Terkecil di Dunia

Kompas.com - 06/01/2022, 18:00 WIB
Anker 736 Nano II 100 Watt dilengkapi dengan dua buah port USB Type-C dan sebuah port USB Type-A.. The VergeAnker 736 Nano II 100 Watt dilengkapi dengan dua buah port USB Type-C dan sebuah port USB Type-A..

KOMPAS.com - Vendor aksesori elektronik, Anker resmi mengumumkan kehadiran perangkat pengisi daya (charger) terbaru bernama Anker 736. Perangkat ini diklaim sebagai charger berteknologi Gallium Nitride (GaN) berkapasitas 100W (watt) dengan ukuran bodi terkecil di dunia.

Sayangya, tidak dijelaskan secara detail dimensi bodi perangkat. Namun, menurut laporan Gizmo China, charger Anker 736 berukuran lebih kecil dibanding charger berdaya besar pada umumnya, termasuk jika disandingkan dengan pengisi daya cepat (fast charging) berkapasitas 65 watt yang ada di pasaran saat ini.

Dengan daya 100W, Anker 736 diklaim mampu mengisi sebagian besar jenis laptop dengan kecepatan yang tergolong singkat. Anker 736 dilengkapi tiga buah port yang terdiri dari dua buah port USB Type-C dan sebuah port USB Type-A.

Baca juga: Cara Merawat Kabel Charger HP Supaya Awet

Charger ini juga menggunakan teknologi PowerIQ 3.0 Anker generasi ketiga untuk mengoptimalkan pengisian daya. Ada pula dukungan USB Power Delivery 3.0 PPS yang merupakan standar pemograman daya.

Dengan adanya dukungan tersebut, charger Anker 736 akan kompatibel dengan aksesori fast charging standar lain, seperti Qualcomm Quick Charge, Apple Fast Charging, atau Samsung Fast Charging.

Perlu diperhatikan bahwa daya 100 Watt akan teraliri secara maksimal apabila hanya ada satu perangkat yang disambungkan. Apabila terdapat lebih dari satu perangkat yang terkoneksi ke charger, maka besaran daya yang dihantarkan bakal dibagi secara otomatis berdasarkan jumlah perangkat yang terpasang.

Baca juga: 3 Tips Merawat Kabel Charger iPhone agar Lebih Awet

Dalam proses pembuatannya, Anker kembali mengadopsi GaN II generasi kedua, yakni sebuah teknologi yang diklaim bisa menawarkan efisiensi kinerja hingga 20 persen lebih cepat. Anker juga sesumbar bahwa teknologi GaN II mampu mengurangi panas yang dihasilkan selama proses pengisian daya berlangsung.

Teknologi GaN II sendiri bukanlah sebuah inovasi yang terbilang baru. Sebelumnya, teknologi ini telah diimplementasikan pada keluarga charger Nano II yang memiliki pengantar daya 30W, 45W, dan 65W.

Baca juga: Apple Digugat karena Jual iPhone Tanpa Charger

Melalui ajang Consumer Technology Association (CES) 2022, Anker mengumumkan bahwa Anker 736 Nano II 100 Watt akan mulai dipasarkan pada Maret 2022 mendatang. Nantinya, Anker 736 sendiri akan menggantikan Anker 735 Nano II 65W yang memiliki desain lebih tipis dan cenderung lebih panjang tanpa disertai colokan lipat.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (6/1/2022), charger mini ini dipatok dengan banderol mencapai 79 dolar AS atau sekitar Rp 1,1 juta (kurs Rp 14.300). Belum diketahui di negara mana saja charger ini akan dijual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.