Bagaimana Cara "Matahari Buatan" China Bekerja?

Kompas.com - 06/01/2022, 19:02 WIB

KOMPAS.com - China kembali menguji coba "matahari buatan" mereka yang bernama Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST) awal tahun ini.

Dalam uji coba terkini, para peneliti mengeklaim bahwa matahari buatan mereka kini mampu memancarkan panas selama 1.056 detik (sekitar 17 menit), di suhu sekitar 70 juta derajat Celcius.

Sekadar informasi, inti Matahari asli yang menyinari Bumi sendiri, berdasarkan data Space.com, memiliki suhu sekitar 15 juta derajat Celcius.

Artinya, suhu "matahari buatan" China pada saat uji coba terbaru itu bisa nyaris lima kali lipat lebih panas dari Matahari asli.

Baca juga: Cara Melindungi Mata Saat Menyaksikan Gerhana Matahari

Sebelumnya, pada Mei 2021, EAST menghasilkan suhu 120 juta derajat Celsius selama 101 detik. Kemudian pada Juni 2021, EAST kembali diuji dan menghasilkan suhu 160 juta derajat Celcius, atau sepuluh kali lebih panas dari Matahari.

Lantas, bagaimana cara China membuat "matahari buatan?" Teknologi apa yang digunakan untuk membuat matahari buatan itu?

Cara matahari buatan China bekerja

Perangkat EAST yang bisa meniru cara kerja matahari dan menghasilkan energi panas.ChinaDaily Perangkat EAST yang bisa meniru cara kerja matahari dan menghasilkan energi panas.

Sekadar informasi, EAST dibuat China untuk menghadirkan sumber energi tak terbatas demi masa depan manusia. Sejumlah eksperimen matahari buatan ini dilakukan di ibu kota Provinsi Anhui, Hefei, wilayah timur China.

Nah, untuk menghasilkan energi panas hingga puluhan juta Celcius tadi, EAST meniru sistem penggabungan atau fusi nuklir (nuclear fusion) matahari, menggunakan medan magnet dan bahan kimia yang ada di dalam hidrogen (air), berupa deuterium.  

Baca juga: Kapal Selam Nuklir AS Dikendalikan Pakai Stick Xbox

Berbagai bahan kimia yang berada di dalam deuterium digabungkan dan dipanaskan sedemikian rupa, untuk menghasilkan energi plasma. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.