Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dell XPS 13 Plus Meluncur, Laptop dengan Touchpad Tersembunyi

Kompas.com - 07/01/2022, 11:36 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Dalam ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES 2022), Dell memamerkan laptop terbarunya, Dell XPS 13 Plus.

Dell XPS 13 Plus memiliki tampilan minimalis dengan bezel tipis dan punya desain yang berbeda dari laptop kebanyakan.

Salah satunya adalah desain touchpad yang tersembunyi. Biasanya, touchpad di laptop terletak di bawah keyboard dengan bingkai yang terlihat.

Touchpad milik Dell XPS 13 Plus hadir tanpa bingkai, sehingga tampak menyatu dengan area palmrest. 

Baca juga: Acer Luncurkan Laptop Gaming Predator Triton 500 SE, Predator Helios 300, dan Nitro 5 Model Baru

Area touchpad Dell XPS 13 Plus memiliki luas dari tombol "Alt" pada bagian keyboard sebelah kiri hingga tombol "Alt" di bagian keyboard sebelah kanan.

Alhasil, pengguna harus terbiasa mengingat posisi atau area touchpad dalam laptop tersebut.

Agar lebih mudah mengingat, lebar area touchpad di laptop ini bisa dibilang memiliki lebar yang sama dengan tombol spasi di keyboard yang diapit dengan dua buah tombol "Alt".

Ilustrasi papan utama laptop yang memuat keyboard dan tombol fungsi capacitive touch di Dell XPS 13 Plus.Dell Ilustrasi papan utama laptop yang memuat keyboard dan tombol fungsi capacitive touch di Dell XPS 13 Plus.
Selain touchpad yang tersembunyi, Dell XPS 13 Plus juga hadir dengan desain papan ketik yang kini tampil elegan.

Sisi kiri dan kanan keyboard tersebut dibuat rapat dengan tepian laptop (edge-to-edge), sehingga laptop tampil lebih ringkas dan bersih.

Pembaruan desain lainnya juga bisa dilihat pada bagian atas keyboard. Di sini, deretan tombol fungsi (Fn, F1-F12, dll) bukan merupakan tombol fisik, melainkan tombol capacitive yang bisa disentuh, mirip seperti fitur Touch Bar di jajaran laptop MacBook.

Baca juga: AMD Luncurkan CPU Ryzen 6000 Series untuk Laptop

Pada aspek layar, Dell XPS 13 Plus menusung layar "Infinity Edge" berukuran 13,4 inci dengan resolusi hingga UHD+ dan tingkat kecerahan hingga 500 nits.

Terlepas dari desain, Dell XPS 13 Plus juga hadir dengan pembaruan hardware. Laptop berbobot 1,2 kg dengan dimensi ketebalan 1,53 cm ini ditenagai dengan prosesor (CPU) Intel Core i7 P-Series generasi ke-12 (Alder Lake).

Aspek performance-per-watt perangkat ini juga lebih mumpuni dari Dell XPS 13 yang dirilis tahun lalu. Sebab, TDP Dell XPS 13 Plus kini berada di angka 28W, meningkat dari 15W yang diusung pendahulunya.

Dell XPS 13 Plus hadir dua varian warna, yaitu Platinum dan Graphite. Laptop ini sudah menjalankan sistem operasi (OS) Windows 11 dan bakal tersedia pertama kalinya di Amerika Serikat (AS) sekitar Maret-Juni 2022 mendatang.

Untuk harganya sendiri, laptop tipis premium tersebut bakal dijual dengan harga mulai dari 1.200 dolar AS atau sekitar Rp 17,2 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNET.com, Jumat (7/1/2022).

Baca juga: Laptop Asus VivoBook Pro 14 OLED Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com