Begini Cara Mencari Hasil Download Safari di iPhone

Kompas.com - 07/01/2022, 16:45 WIB
Ikon baterai di iPhone 13 yang konon tidak akan disertai dengan angka persenan yang menunjukkan sisa dayanya. MacRumorsIkon baterai di iPhone 13 yang konon tidak akan disertai dengan angka persenan yang menunjukkan sisa dayanya.

KOMPAS.com - Men-download atau mengunduh file dari internet tidak hanya bisa dilakukan lewat komputer, melainkan juga melalui ponsel. Dengan memanfaatkan aplikasi browser yang ada di ponsel, Anda dapat mencari file dan mengunduhnya secara langsung.

Bagi pengguna iPhone, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Safari, yang merupakan aplikasi browser bawaan ponsel ini. Safari yang ada di iPhone, memungkinkan juga untuk Anda mengunduh file secara langsung yang disediakan oleh berbagai situs di internet.

Anda bisa men-download beragam jenis format file di Safari iPhone, seperti PDF, JPEG, PNG dan sebagainya. Saat Anda mengunduh file tersebut, bakal muncul ikon bulat dengan panah ke bawah berwarna biru, yang terletak di sebelah kolom pencarian halaman di Safari.

Kemudian, hasil download dari Safari itu dapat Anda akses secara langsung dengan mengetuk ikon bulat tersebut, lalu klik opsi “Unduhan”. Kemudian, bakal muncul banner baru yang memuat daftar hasil unduhan Anda.

Ilustrasi cara cari hasil download dari Safari iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cari hasil download dari Safari iPhone

Anda juga bisa langsung membuka hasil unduhan tersebut dengan mengetuk filenya. Meski bisa mengakses hasil download secara langsung, kadang sebagian orang lupa untuk tidak membukanya.

Di sisi lain, Safari biasanya akan otomatis menghilangkan ikon bulat tersebut apabila dalam beberapa waktu Anda tidak segera membuka hasil download. Namun, itu bukan berarti Safari menghapus file yang telah Anda unduh.

Baca juga: Menutup Aplikasi di iPhone untuk Menghemat Baterai, Jangan Lakukan Lagi

Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Anda masih bisa mengakses hasil unduhan Anda melalui cara lain. File yang telah Anda unduh dari Safari sebenarnya telah masuk dalam folder khusus yang dapat diakses melalui aplikasi “File” bawaan iPhone.

Apabila Anda ingin mencari hasil download dari Safari di iPhone, simak cara berikut ini:

  • Buka aplikasi “File” di iPhone Anda
  • Kemudian, buka folder “Unduhan”. Anda dapat mencari folder ini di dalam lokasi “Di iPhone Saya” atau di “iCloud Drive”
  • Setelah itu, cari file yang baru saja Anda unduh.

Ilustrasi cara cari hasil download dari Safari iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cari hasil download dari Safari iPhone

Anda bakal bisa melihat seluruh hasil unduhan Anda di folder “Unduhan”. Selain itu, Anda juga bisa mengubah nama file atau menghapusnya dari folder “Unduhan” dengan cara klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan bagian atas layar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.