Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Notifikasi WhatsApp iOS Bakal Munculkan Foto Profil Pengirim?

Kompas.com - 10/01/2022, 07:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Memasuki tahun 2022, WhatsApp dikabarkan sedang menyiapkan fitur baru. Kabarnya, aplikasi pesan instan itu tengah menguji coba sistem notifikasi pesan masuk baru untuk versi iOS.

Sistem notifikasi baru itu akan turut memunculkan foto profil pengirim ketika pesan diterima. Kabar ini terendus oleh situs WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur anyar WhatsApp sebelum resmi meluncur.

Selama ini, fitur foto profil yang muncul di notifikasi sudah ada untuk pengguna Android. Namun, pengguna iOS belum kebagian fitur tersebut.

Baca juga: Begini Cara Menandai Pesan Penting di WhatsApp Agar Mudah Dicari

Saat ini, notifikasi di WhatsApp iOS hanya akan memunculkan logo WhatsApp, nama kontak pengirim dan isi pesan. Dengan adanya foto profil yang muncul di notifikasi pesan masuk WhatsApp, pengguna akan lebih lebih cepat mengenali identitas si pengirim sebelum membuka pesan.

Nantinya, foto profil yang disertai pada notifikasi pesan akan ditampilkan dalam frame berbentuk lingkaran, mirip dengan foto profil yang ada di daftar kontak pengguna.

Foto profil ini kemudian diletakkan bersisian dengan keterangan nama pengirim dan diposisikan di atas isi pesan yang tertera pada notifikasi pesan. Dengan kata lain, foto profil akan menggantikan logo WhatsApp di notifikasi iOS selama ini.

Baca juga: Jangan Asal Pakai WhatsApp Aero, Ini Risikonya

WhatsApp uji coba tampilkan foto profil pada notifikasi pesan masuk di WhatsApp.WABetaInfo WhatsApp uji coba tampilkan foto profil pada notifikasi pesan masuk di WhatsApp.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Minggu (10/1/2022), fitur notifikasi tersebut tengah diuji coba untuk pengguna beta yang menggunakan perangkat berbasis sistem operasi iOS 15.

Belum diketahui secara pasti kapan fitur ini akan bisa digunakan secara resmi oleh seluruh pemilik ponsel iPhone.

Apabila mengacu pada tradisi sebelumnya, WhatsApp rutin menggelontorkan fitur terbaru dalam selang waktu beberapa bulan paska diuji coba.

Baca juga: Apa Itu WhatsApp Aero dan Apa Saja Fiturnya?

WhatsApp sendiri dikenal rajin menggulirkan fitur-fitur terbaru pada layanannya. Pada Desember 2021 lalu, perusahaan yang berada di bawah naungan Meta ini melakukan perombakan pada status "Last Seen" dan status online.

Dengan adanya perombakan ini, WhatsApp dilaporkan akan menyembunyikan status last seen dan online pengguna dari orang asing secara default. Namun, fitur ini juga belum resmi dirilis ke publik hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com