Kompas.com - 10/01/2022, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Selamat tinggal Tizen Store. Per 2022 ini, Samsung resmi menutup toko aplikasi bawaan di sistem operasi (OS) buatan Samsung, Tizen OS.

Dengan penutupan ini, semua pengguna yang masih menggunakan smartphone Samsung berbasis sistem operasi Tizen OS sudah tidak dapat lagi mengunduh atau memperbarui aplikasi dari Tizen App Store.

Adapun pengguna yang terdampak adalah seluruh pengguna yang masih menggunakan smartphone seri Z dari Samsung, yaitu Samsung Z1, Z2, Z3, dan Z4.

Ilustrasi toko aplikasi Tizen Store.samsung.com Ilustrasi toko aplikasi Tizen Store.
Penghentian layanan Tizen Store ini sebenarnya bukanlah hal yang tiba-tiba.

Baca juga: Google Gabungkan Wear OS dan Samsung Tizen untuk Smartwatch

Menurut laporan outlet media TizenHelp, toko aplikasi Tizen Store sejatinya mulai ditutup untuk pengguna baru yang ingin mengunduh aplikasi sejak Juni 2021.

Sejak saat itu, Tizen Store hanya bisa digunakan oleh pengguna lama saja.

Kemudian, mulai 31 Desember 2021, Samsung resmi menghentikan layanan Tizen Store untuk seluruh pengguna smartphone Samsung seri Z secara global.

Penutupan layanan Tizen Store juga diikuti oleh penutupan situs resmi dan aplikasi Tizen Store.

TizenHelp melaporkan, jika pengguna mengunjungi aplikasi atau situs web Tizen Store, maka situs atau aplikasi tidak bisa diakses dan malah menampilkan kode kesalahan di layar.

Dengan penutupan toko aplikasi Tizen Store ini, Samsung benar-benar serius meninggalkan Tizen OS, sistem operasi besutannya sendiri. Pasalnya, sebelumnya, Samsung juga sudah meninggalkan Tizen OS yang digunakan di lini arloji pintar (smartwatch) miliknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber TizenHelp


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.