Cara Menggunakan MailChimp untuk Membuat E-mail Newsletter

Kompas.com - 10/01/2022, 11:02 WIB
Cara Membuat E-mail Newsletter Menggunakan MailChimp Big CartelCara Membuat E-mail Newsletter Menggunakan MailChimp

KOMPAS.com - Sebagian orang mungkin tak asing lagi dengan e-mail newsletter. Terutama mereka yang merupakan pemilik bisnis atau seorang yang bekerja dalam bidang marketing, newsletter menjadi bagian tak terpisahkan dari strategi marketing perusahaan.

Newsletter sendiri merupakan e-mail yang rutin dikirim ke pelanggan untuk menawarkan berbagai produk dan layanan terbaru dari brand. Selain itu, brand juga bisa menawarkan promo dan diskon terbaru dari produknya.

Tak hanya itu e-mail newsletter juga berguna untuk berbagi berita atau postingan blog dari sebuah brand. E-mail newsletter dapat membantu brand memelihara hubungan baik dengan pelanggan.

Baca juga: Cara Membuat Balasan E-mail secara Otomatis di Gmail Saat Cuti

Membuat newsletter cukup mudah. Salah satu caranya adalah melalui sebuah platform yang bernama  MailChimp. MailChimp merupakan jasa penyedia e-mail marketing yang membantu mengirim e-mail newsletter secara otomatis pada pelanggan.

Bagi Anda yang ingin membuat e-mail newsletter, berikut ini KompasTekno rangkum cara membuat e-mail newsletter menggunakan MailChimp secara gratis.

Cara membuat e-mail newsletter menggunakan MailChimp

Tampilan antarmuka MailChimp untuk membuat dan mengirim newsletter.Kompas.com/Soffya Ranti Tampilan antarmuka MailChimp untuk membuat dan mengirim newsletter.
  • Masuk ke laman https://mailchimp.com/
  • Klik “Sign Up for Free” di pojok kanan atas
  • Ketik alamat e-mail, username, dan password Anda
  • Setelah itu klik “Sign Up”
  • Kemudian cek e-mail yang telah Anda daftarkan untuk mengaktifkan akun Anda
  • Klik “Activate Account”
  • Anda akan diarahkan kembali ke jendela MailChimp dan klik “I’m not robot”
  • Anda akan diarahkan untuk memilih paket berlangganan, untuk gratis cukup klik kolom “Free” dan pilih “Next” untuk melanjutkan
  • Setelah itu atur akun Anda dengan mengisi nama depan, nama belakang, nama bisnis, url (alamat) website, hingga nomor telepon
  • Isi alamat lengkap bisnis Anda, lalu klik “Next”
  • Setelah itu Anda akan diarahkan pada halaman kontak, setelah memilih klik “Continue”
  • Kemudian Anda akan diarahkan untuk memilih apakah Anda menjual produk atau layanan secara online. Di bagian ini Anda boleh klik “Skip” jika tidak terlalu dibutuhkan
  • Anda akan masuk ke beranda MailChimp kemudian pilih “Create” dengan ikon pensil di bagian menu sebelah kiri
  • Di sini Anda akan memilih beberapa jenis template untuk e-mail newsletter Anda
  • Pilih salah satu yang Anda butuhkan dan klik “Design E-mail”
  • Setelah itu Anda dapat mulai mengedit dengan memberi judul, menambahkan kontak pelanggan atau yang menerima e-mail newsletter, mendesain konten newsletter Anda, membuat campaign link, hingga dapat menghubungkannya ke beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram
  • Setelah selesai mengatur konten e-mail newsletter, Anda dapat menjadwalkan kapan e-mail akan dikirimkan secara otomatis atau dapat mengirimnya secara langsung

Baca juga: Cara Hapus Seluruh E-mail di Gmail Secara Permanen

Perlu diketahui untuk Anda yang memilih menggunakan MailChimp secara gratis Anda akan mendapatkan batasan 2000 kontak, dan 10.000 pengiriman e-mail dengan template gratis yang telah disediakan. Itulah cara membuat e-mail newsletter menggunakan MailChimp semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.