Cara Mengatur Kualitas Video 4K UHD di Netflix

Kompas.com - 10/01/2022, 17:00 WIB
Ilustrasi aplikasi Netflix. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi Netflix.

KOMPAS.com - Netflix sebagai salah satu layanan video on demand kini banyak digunakan untuk streaming atau menonton film secara online oleh berbagai kalangan. Terdapat banyak genre film yang tersedia di Netflix, dari horor hingga komedi ada semua di Netflix.

Selain perpustakaan film yang banyak, pengguna Netflix juga bisa mengatur kualitas video dengan resolusi 4K Ultra HD untuk semakin memanjakan mata penonton. Streaming film 4K di Netflix bisa menghadirkan pengalaman menonton yang lebih seru.

Anda dapat menonton film dengan gambar yang sangat detail, warna yang tajam, dan audio yang lebih jernih apabila menggunakan resolusi 4K. Namun, tidak semua film di Netflix bisa ditonton dengan resolusi 4K.

Baca juga: Daftar Harga Paket Netflix dan Cara Berlangganan

Pihak Netflix mengatakan bahwa hanya film-film tertentu yang dapat menampilkan resolusi 4K. Artinya, tidak semua film yang ada di pustaka Netflix bisa ditonton dengan kualitas 4K Ultra HD.

Fitur ini tersedia di versi mobile (smartphone) maupun laptop. Syarat utamanya, perangkat harus bisa menampilkan video berformat 720p dan mendukung tampilan video HD.Lantas, bagaimana cara mengatur kualitas video di Netflix?

Cara mengatur kualitas video 4K Ultra HD di Netflix

Untuk mengetahui film yang dapat disetel ke resolusi 4K, Anda bisa mencarinya di kolom pencarian Netflix dengan kata kunci “4K” atau “Ultra HD”

Selain cara itu, Anda juga bisa melihat label “Ultra HD” yang biasanya terletak di bagian deskripsi film. Jadi, Anda harus menemukan dulu film dengan label tersebut. Setelah Anda menemukan filmnya, berikut cara mengatur kualitas video 4K di Netflix:

  • Klik ikon garis tiga untuk mengakses opsi “more” yang berada di bawah layar aplikasi
  • Setelah itu, klik opsi “Video Quality”
  • Pilih kualitas streaming video paling tinggi dengan klik opsi “Higher”

Baca juga: Layanan Netflix Games Sudah Bisa Dicoba di Indonesia, Begini Caranya

Ilustrasi cara streaming film 4K di NetflixKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara streaming film 4K di Netflix

Setelah memilih opsi tersebut, Anda kini sudah dapat menonton film 4K di Netflix. Namun, jika Anda merasa bahwa film yang Anda tonton belum bisa menampilkan resolusi 4K, misalnya gambar masih belum terlalu halus, ada beberapa hal yang harus dipastikan terlebih dahulu.

Pertama, pastikan bahwa perangkat Anda, seperti laptop, TV, atau ponsel, telah mendukung fitur tampilan video 4K atau Ultra HD. Anda bisa mencari tahu fitur perangkat dengan menulusurinya di mesin pencari, seperti Google.

Baca juga: Spotify Bikin Halaman Khusus Netflix, Cari Soundtrack Film Jadi Lebih Cepat

Kedua, Anda juga bisa memeriksa kualitas koneksi internet Anda. Koneksi internet yang lambat bakal mempengaruhi kualitas streaming di Netflix. Sebagaimana dikutip dari Netflix, jika Anda ingin streaming film 4K maka koneksi internet yang dibutuhkan minimal 25 Mbps.

Anda dapat memeriksa kualitas koneksi internet melalui situs di internet yang menyediakan layanan ini, seperti speedtest.net. Dalam menjelaskan cara di atas, KompasTekno menggunakan perangkat iPad, tablet milik Apple, dengan sistem operasi iOS 15.2.

Berbeda jenis perangkat dan sistem operasi, kemungkinan akan berbeda pula letak opsinya. Demikian cara streaming film 4K di Netflix, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.