CEO Signal Mundur, Pendiri WhatsApp Jadi Pengganti Sementara

Kompas.com - 11/01/2022, 07:57 WIB

KOMPAS.com - CEO sekaligus pendiri aplikasi pesan singkat Signal, Moxie Marlinspike, mundur dari jabatannya. Marlinspike merupakan sosok yang merintis Signal sejak 2014.

Kabar pengunduran diri tersebut ia umumkan melalui blog resmi Signal. Pengunduran diri Marlinspike efektif per 10 Januari 2022.

"Ini tahun baru, dan saya memutuskan ini saat yang tepat untuk menggantikan diri saya sebagai CEO Signal," tulis Marlinspike dalam pembukaan surat terbukanya di blog resmi Signal.

Baca juga: WhatsApp Menurun, Telegram dan Signal Meroket

Alasan mundur dari CEO

Dalam unggahan yang sama, Marlinspike mengatakan bahwa alasan meninggalkan kursi CEO adalah karena Signal sudah bisa tumbuh dan bertahan tanpa terlalu banyak campur tangan dari dirinya lagi.

Menurut pendiri Signal, empat tahun yang lalu, hal tersebut masih tidak mungkin. Sehingga agaknya Marlinspike belum bisa meninggalkan kursi CEO Signal.

Pasalnya empat tahun yang lalu, Marlinspike menceritakan, hampir semua operasi layanan Signal bergantung pada dirinya.

Misalnya, Marlinspike menjadi satu-satunya orang yang diandalkan untuk menulis kode server dan Android dari Signal. Pendiri Signal itu juga menjadi orang yang memfasilitasi semua pengembangan produk Signal serta memimpin seluruh tim.

"Saya tidak pernah bisa meninggalkan layanan seluler, harus membawa laptop saya ke mana-mana jika terjadi keadaan darurat, dan kadang-kadang mendapati diri saya duduk sendirian di trotoar di tengah hujan larut malam mencoba menganalisis saat terjadi penurunan layanan," cerita Marlinspike.

Baca juga: Gara-gara Usil, Iklan Signal Diblokir Facebook

Setelah empat tahun berlalu, tepatnya pada 2022 ini, Marlinspike mengatakan Signal sudah berevolusi. Menurut dia, sekarang Signal sudah dipimpin oleh tim yang luar biasa yang terdiri dari 30 orang.

"Mulai dari insinyur yang luar biasa, desainer yang sangat berbakat, staf pendukung yang berbakat dan tidak dapat diganggu gugat, dan tim kepemimpinan yang sangat berprestasi dan berkomitmen mendorong teknologi lebih maju," lanjut Marlinspike.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.