Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Signal Mundur, Pendiri WhatsApp Jadi Pengganti Sementara

Kompas.com - 11/01/2022, 07:57 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO sekaligus pendiri aplikasi pesan singkat Signal, Moxie Marlinspike, mundur dari jabatannya. Marlinspike merupakan sosok yang merintis Signal sejak 2014.

Kabar pengunduran diri tersebut ia umumkan melalui blog resmi Signal. Pengunduran diri Marlinspike efektif per 10 Januari 2022.

"Ini tahun baru, dan saya memutuskan ini saat yang tepat untuk menggantikan diri saya sebagai CEO Signal," tulis Marlinspike dalam pembukaan surat terbukanya di blog resmi Signal.

Baca juga: WhatsApp Menurun, Telegram dan Signal Meroket

Alasan mundur dari CEO

Dalam unggahan yang sama, Marlinspike mengatakan bahwa alasan meninggalkan kursi CEO adalah karena Signal sudah bisa tumbuh dan bertahan tanpa terlalu banyak campur tangan dari dirinya lagi.

Menurut pendiri Signal, empat tahun yang lalu, hal tersebut masih tidak mungkin. Sehingga agaknya Marlinspike belum bisa meninggalkan kursi CEO Signal.

Pasalnya empat tahun yang lalu, Marlinspike menceritakan, hampir semua operasi layanan Signal bergantung pada dirinya.

Misalnya, Marlinspike menjadi satu-satunya orang yang diandalkan untuk menulis kode server dan Android dari Signal. Pendiri Signal itu juga menjadi orang yang memfasilitasi semua pengembangan produk Signal serta memimpin seluruh tim.

"Saya tidak pernah bisa meninggalkan layanan seluler, harus membawa laptop saya ke mana-mana jika terjadi keadaan darurat, dan kadang-kadang mendapati diri saya duduk sendirian di trotoar di tengah hujan larut malam mencoba menganalisis saat terjadi penurunan layanan," cerita Marlinspike.

Baca juga: Gara-gara Usil, Iklan Signal Diblokir Facebook

Setelah empat tahun berlalu, tepatnya pada 2022 ini, Marlinspike mengatakan Signal sudah berevolusi. Menurut dia, sekarang Signal sudah dipimpin oleh tim yang luar biasa yang terdiri dari 30 orang.

"Mulai dari insinyur yang luar biasa, desainer yang sangat berbakat, staf pendukung yang berbakat dan tidak dapat diganggu gugat, dan tim kepemimpinan yang sangat berprestasi dan berkomitmen mendorong teknologi lebih maju," lanjut Marlinspike.

CEO Signal Moxie Marlinspike (kiri) mundur dari jabatannya. Brian Acton (kanan) maju sebagai CEO interim Signal.TechCrunch & CNBC CEO Signal Moxie Marlinspike (kiri) mundur dari jabatannya. Brian Acton (kanan) maju sebagai CEO interim Signal.
Karena itulah, agaknya Marlinspike memutuskan hengkang dari kursi CEO. Ia mengatakan pengunduran dirinya akan efektif mulai bulan depan atau Februari 2022. Tujuannya agar dirinya bisa lebih fokus mencari kandidat pengganti dirinya di kursi CEO.

"Saya akan terus berada di dewan Signal, berkomitmen untuk membantu mewujudkan misi Signal dari peran itu," kata Marlinspike.

Pendiri WhatsApp jadi pengganti sementara

Selama periode transisi untuk mencari CEO Signal yang baru, Marlinspike mengumumkan bahwa Brian Acton, yang merupakan anggota dewan Signal Foundation, akan maju sebagai CEO Interim Signal.

Sebelum bergabung di Signal Foundation, Brian Acton bersama-sama dengan Jan Koum, merintis WhatsApp dari nol sejak 2009 silam.

Baca juga: Pendiri Signal Tidak Sarankan Pengguna Berhenti Pakai WhatsApp

Ia juga merupakan sosok di balik sistem enkripsi WhatsApp. Enkripsi adalah layaknya gembok keamanan yang membuat pesan yang dikirim di WhatsApp tidak mudah disadap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com