Cara Mengganti Host dan Menambahkan Co-Host Zoom di Laptop

Kompas.com - 11/01/2022, 17:59 WIB
Ilustrasi pengguna aplikasi Zoom UnsplashIlustrasi pengguna aplikasi Zoom

KOMPAS.com - Zoom Meetings merupakan layanan video conference yang memungkinkan Anda melakukan panggilan video dengan banyak peserta sekaligus secara daring. Untuk akun Zoom Pro atau Premium, Anda dapat membuat panggilan video hingga 1.000 peserta.

Sedangkan, akun Zoom Free alias gratis, Anda hanya bisa membuat panggilan video hingga maksimal 100 peserta. Dengan fitur utama panggilan video konferensi, Zoom juga dilengkapi dengan fitur host.

Host di Zoom berperan selayaknya moderator dalam seminar yang mengatur pembicaraan supaya bisa berjalan kondusif, seperti mengatur siapa yang boleh berbicara, membagikan presentasi, dan menyalakan kamera video.

Orang yang bisa menjadi host di Zoom merupakan orang yang pertama kali membuat room meeting atau ruang pertemuan Zoom. Ketika Anda membuat room meeting maka otomatis Anda berperan sebagai host.

Kelebihan menjadi host di Zoom adalah Anda bisa mengundang dan mengeluarkan peserta konferensi. Selain itu, Anda juga bisa mengganti host ke orang lain ketika ingin meninggalkan sementara konferensi itu.

Baca juga: Cara Melihat Semua Peserta Zoom di HP Android dan iPhone

Cara mengganti host ke orang lain cukup mudah. Berikut cara mengganti host di Zoom saat panggilan video konferensi sedang berlangsung:

  • Pastikan bahwa Anda adalah host di Zoom
  • Setelah itu, klik opsi “Participants” yang berada di bagian bawah layar Zoom
  • Anda bakal ditampilkan dengan daftar peserta yang hadir dalam konferensi tersebut
  • Pilih peserta yang ingin Anda jadikan sebagai host
  • Kemudian, klik opsi “more” yang berada di sebelah nama peserta tersebut
  • Terakhir, klik opsi “Make Host”.

Ilustrasi cara mengganti host di ZoomKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengganti host di Zoom

Setelah opsi tersebut diklik, host kini telah berpindah tangan ke orang yang Anda pilih. Penggantian host ini dapat dilakukan oleh akun Zoom Pro dan akun Zoom Free. Namun, akun Zoom Free tidak bisa digunakan untuk menambahkan co-host atau asisten host.

Co-host ini memiliki peran yang serupa dengan host. Namun, Anda tidak perlu mengganti host ke orang lain untuk tetap bisa mengatur jalannya konferensi. Anda cukup menambahkan orang lain untuk membantu Anda menjadi host dengan menjadikannya sebagai co-host.

Cara menambahkan co-host di Zoom sebenarnya sama dengan yang di atas. Namun, pada opsi “more” yang berada di sebelah nama peserta, pilihlah opsi “Make Co-Host”. Opsi “Make Co-Host” hanya tersedia ketika Anda berlangganan akun Zoom Pro.

Baca juga: Cara Pasang Foto Profil di Zoom HP Android dan iPhone

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.