Kominfo Minta Apple untuk Buka "Kunci" 5G iPhone 12 dan iPhone 13 di Indonesia

Kompas.com - 11/01/2022, 19:27 WIB

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan bahwa iPhone 12 dan iPhone 13 belum bisa mengakses 5G di Indonesia. Hal itu dikarenakan Apple belum membuka "kunci" software lock untuk bisa mengakses 5G di Tanah Air.

Untuk diketahui, pabrikan smartphone, termasuk Apple, harus membuka "kunci" software lock melalui pembaruan software agar handset yang telah mendukung konektivitas 5G secara hardware, bisa mengakses layanan internet generasi kelima itu.

"Layanan 5G di Indonesia bekerja pada pita (bands) 2,3 GHz. iPhone sudah memiliki hardware handphone yang mendukung layanan 5G di pita ini, namun masih diperlukan upgrade dari sisi software-nya," jelas Johnny kepada KompasTekno, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Alasan iPhone 12 dan iPhone 13 Belum Bisa Akses 5G di Indonesia meskipun Spesifikasi Sudah Mendukung

Padahal, lanjut Johnny, Kominfo telah mengingatkan pihak Apple terkait pembaruan software, agar perangkat iPhone yang memiliki fitur 5G, yaitu iPhone 12 dan iPhone 13, bisa digunakan di Indonesia dengan lancar.

"Kominfo sudah mengingatkan pihak Apple agar segera melakukan antisipasi agar perangkat iPhone dapat segera memberikan layanan 5G di pita 2,3 GHz," kata Johnny.

Menkominfo tidak menjelaskan secara gamblang bagaimana respons dari Apple. Namun, Johnny mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan perangkat 5G yang beroperasi di Indonesia, agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Membandingkan iPhone 13 Vs iPhone 12, Apa Saja Bedanya?

"Kominfo senantiasa memonitor kesesuaian teknis perangkat handphone 5G, agar perangkat yang sudah berserfitikat, ketika beredar di masyarakat memang sesuai dengan ketentuan teknis yang telah ditetapkan," imbuh Johnny.

Pada pertengahan tahun 2021, Menkominfo telah mengingatkan vendor smartphone yang beroperasi di Indonesia untuk membuka "kunci" 5G, seiring dimulainya komersialisasi 5G di Tanah Air.

"Secara khusus mengenai ketersediaan perangkat smartphone 5G, Kominfo telah meminta kepada seluruh pabrikan dan vendor 5G untuk membuka software 5G, sehingga smartphone yang sudah, bisa digunakan untuk cover 5G," ungkap Johnny dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (13/8/2021).

Saat ini beberapa operator seluler di Indonesia telah melakukan komersialisasi 5G, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, dan XL Axiata.

Baca juga: Menkominfo Minta Vendor Smartphone Buka Kunci 5G

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.