Sony Umumkan Spesifikasi PS VR2 dan Controller VR2 Sense

Kompas.com - 12/01/2022, 09:02 WIB

KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal Jepang, Sony resmi mengumumkan kehadiran konsol game berbasis Virtual Reality (VR) terbarunya, yakni PlayStation (PS) VR2.

Kabar kedatangan perangkat game generasi terbaru ini dipublikasikan melalui ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2021.

PS VR2 dikonfirmasi akan meluncur dengan layar OLED 4K HDR (2.000 x 2.040 piksel) yang mendukung refresh rate antara 90 hingga 120 Hz, dan bidang pandang mencapai 110 derajat.

Perangkat ini dibuat agar bisa terkoneksi dan dimainkan pada konsol next-gen besutan Sony lainnya, yakni PlayStation 5 (PS5).

Baca juga: Sony PS5 Bakal Makin Langka?

Perangkat konsol VR generasi kedua ini menggabungkan tiga teknologi terbaru yang terdiri dari Eye Tracking, headset feedback, dan 3D Audio.

Empat kamera yang tertera pada PS VR2 sudah dilengkapi dengan teknologi Eye Tracking, sebuah fitur yang diklaim mampu melacak dan mendeteksi pergerakan mata pengguna saat menggunakan perangkat.

Senior Vice President Hediaki Nishino menjelaskan bahwa kehadiran Eye Tracking dapat memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan ekspresi yang terlihat lebih nyata.

Kemudian ada headset feedback, yakni sebuah fitur sensor yang dapat memperkuat sensasi gerakan kepada pemain.

Headset feedback dirancang menggunakan satu kompoten mesin built-in yang diklaim mampu meningkatkan pengalaman bermain game lewat sensor getaran.

Sebagai contoh, pemain PS VR2 dapat merasakan denyut nadi karakter yang meningkat pada momen-momen menegangkan, deru objek yang lewat di dekat kepala karakter, hingga sensasi dorongan saat kendaraan yang dinaiki karakter melaju ke depan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.