Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Umumkan Spesifikasi PS VR2 dan Controller VR2 Sense

Kompas.com - 12/01/2022, 09:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal Jepang, Sony resmi mengumumkan kehadiran konsol game berbasis Virtual Reality (VR) terbarunya, yakni PlayStation (PS) VR2.

Kabar kedatangan perangkat game generasi terbaru ini dipublikasikan melalui ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2021.

PS VR2 dikonfirmasi akan meluncur dengan layar OLED 4K HDR (2.000 x 2.040 piksel) yang mendukung refresh rate antara 90 hingga 120 Hz, dan bidang pandang mencapai 110 derajat.

Perangkat ini dibuat agar bisa terkoneksi dan dimainkan pada konsol next-gen besutan Sony lainnya, yakni PlayStation 5 (PS5).

Baca juga: Sony PS5 Bakal Makin Langka?

Perangkat konsol VR generasi kedua ini menggabungkan tiga teknologi terbaru yang terdiri dari Eye Tracking, headset feedback, dan 3D Audio.

Empat kamera yang tertera pada PS VR2 sudah dilengkapi dengan teknologi Eye Tracking, sebuah fitur yang diklaim mampu melacak dan mendeteksi pergerakan mata pengguna saat menggunakan perangkat.

Senior Vice President Hediaki Nishino menjelaskan bahwa kehadiran Eye Tracking dapat memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan ekspresi yang terlihat lebih nyata.

Kemudian ada headset feedback, yakni sebuah fitur sensor yang dapat memperkuat sensasi gerakan kepada pemain.

Headset feedback dirancang menggunakan satu kompoten mesin built-in yang diklaim mampu meningkatkan pengalaman bermain game lewat sensor getaran.

Sebagai contoh, pemain PS VR2 dapat merasakan denyut nadi karakter yang meningkat pada momen-momen menegangkan, deru objek yang lewat di dekat kepala karakter, hingga sensasi dorongan saat kendaraan yang dinaiki karakter melaju ke depan.

Kemudian terdapat "Tempest 3D Audio Tech", sebuah fitur yang disematkan pada headset VR ini mampu membuat suara di sekitar pemain seakan-akan menjadi lebih hidup.

Kehadiran PS VR2 turut disertai dengan perangkat kendali (controller) terbaru bernama VR2 Sense yang menawarkan fitur-fitur mencakup haptic feedback dan adaptive triggers.

Baca juga: Ini Dia, 20 Game PS4 dan PS5 Terlaris Sepanjang Oktober 2021

Keduanya diklaim mampu menambah pengalaman bermain dan berinteraksi di PS VR2 menjadi semakin terasa nyata.

Untuk konektivitas, PS VR2 menggunakan rangkaian port Bluetooth 5.1 dan port USB Type-C untuk bisa menghubungkan perangkat ke PS5 dan controller.

Bersamaan dengan diumumkannya PS VR2, Sony juga mengungkap Horizon Call of the Mountain sebagai salah satu game yang akan hadir pada konsol VR anyar ini.

Horizon Call of the Mountain dideskripsikan sebagai game yang dirancang khusus untuk mengajak pemain masuk dan mengenal lebih mendalam dunia yang terdapat pada sekuel game Horizon.

Pemain juga akan menemukan keadaan alam yang familiar dengan prekuel Horizon Zero Dawn, termasuk sosok salah satu robot tertinggi yang ada di game, yakni Tallneck.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PlayStation Blog, Rabu (12/1/2022), Horizon Call of the Mountain akan digarap oleh dua pengembang game sekaligus, yakni Guerrilla dan Firesprite.

Meski telah mengumumkan spesifikasi dari PS VR dan VR2 Sense, Sony masih belum mengungkap harga dan jadwal rilis dari kedua perangkat ini. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com