Gmail Diinstal 10 Miliar Kali di Android, Ikuti YouTube dan Google Maps

Kompas.com - 12/01/2022, 12:06 WIB
Ilustrasi Gmail. TomsGuideIlustrasi Gmail.
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Layanan e-mail milik Google, Gmail, dilaporkan telah dipasang (di-install) sebanyak 10 miliar kali di perangkat Android. Keterangan tersebut tercantum dalam kolom informasi dan jumlah pemasangan aplikasi di Google Play Store.

Angka ini membuat Gmail menjadi aplikasi keempat dari Google dengan jumlah pemasangan lebih dari 10 miliar kali.

Tiga aplikasi Google lainnya yang telah diunduh lebih dari 10 miliar perangkat yaitu Google Play, YouTube, hingga Google Maps.

Google Play menjadi aplikasi pertama Google yang terpasang di lebih dari 10 miliar perangkat pada 2020. YouTube dan Google Maps kemudian menyusul dengan pencapaian yang sama pada tahun 2021.

Baca juga: Gmail Punya Fitur Pencegah Salah Kirim E-Mail

Seiring waktu Google memang menambahkan sejumlah fitur baru, sehingga memperkaya kemampuan Gmail. Seperti hadirnya fitur Smart Reply yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan saran sebelum membalas e-mail.

Pengguna juga sudah bisa menunda atau menarik kembali e-mail yang sudah terlanjur terkirim di Gmail.

Fitur tersebut di antaranya integrasi ke Google Meet untuk melakukan panggilan video hingga filter pencarian yang kini hadir di Gmail versi mobile.

Gmail juga bertransformasi tidak hanya menjadi sebuah layanan e-mail, aplikasi Gmail di smartphone juga memiliki fitur chat dan Meet untuk panggilan video pesan instan.

Fitur tersebut mempermudah pekerjaan pengguna, khususnya saat pandemi yang mengandalkan korespondensi jarak jauh.

Baca juga: Masuk Gmail dan YouTube Bakal Wajib 2FA, Tidak Bisa Cuma Password

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Rabu (12/1/2022), aplikasi milik Google ternama lainnya yang sudah terpasang di miliaran perangkat Android yaitu Google Drive, namun masih di angka 5 miliar lebih.

Selain Google aplikasi milik Meta, Facebook juga telah terpasang di lebih dari 5 miliar perangkat Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.