Kelebihan dan Kekurangan Internet agar Lebih Bijak Menggunakannya

Kompas.com - 12/01/2022, 14:46 WIB

KOMPAS.com - Hampir semua orang di dunia mengetahui dan menggunakan internet. Menurut laporan We Are Social dan Hootsuite, pada tahun 2020, sebanyak 4,5 miliar orang di dunia sudah menggunakan internet. Jumlah itu setara 60 persen dari total populasi dunia di periode yang sama.

Internet merupakan singkatan dari interconnetion-networking yang didefinisikan sebagai sistem yang dapat menghubungkan seluruh jaringan komputer dari berbagai wilayah secara global.

Ibarat pisau bermata dua, internet juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan internet berdampingan dengan kehidupan sosial.

Baca juga: Daftar Lengkap Cara Mengakses Internet

Sehingga, pengguna internet patut untuk lebih bijak dalam memanfaatkan internet. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan internet?

Kelebihan internet

Sebagai sistem yang bisa menghubungkan antar perangkat di seluruh dunia, kelebihan internet yang bisa dimanfaatkan adalah:

1. Akses informasi yang mudah dan cepat

Kelebihan internet yang pertama adalah kemampuan akses informasi yang mudah dan cepat. Semua orang bisa mengakses informasi tentang segala hal dari seluruh wilayah di dunia dengan internet.

Sebelum internet hadir, mengakses informasi dilakukan dengan cara mendatangi langsung pusat informasi itu. Kini, mengakses informasi bisa dilakukan dengan hitungan detik.

2. Memperluas jaringan sosial

Memperluas jaringan sosial menjadi kelebihan internet berikutnya. Internet tidak hanya menghubungkan antar perangkat, melainkan juga orang yang menggunakan perangkat itu.

Anda bisa memperluas jaringan sosial atau pertemanan Anda hingga lintas batas negara lewat media sosial yang ada di internet.

Baca juga: Bapak Internet Bikin Rencana Menyelamatkan Internet yang Sedang Sakit

3. Mempermudah transaksi keuangan

Kemudian, kelebihan internet ketiga adalah mempermudah transaksi keuangan. Dengan kehadiran internet, transaksi keuangan untuk menjual atau membeli barang, kini bisa dilakukan hanya melalui layar ponsel.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.