YouTube Diramal Jadi "Raja Streaming" Tahun Ini, Kalahkan Netflix

Kompas.com - 12/01/2022, 15:15 WIB
Ilustrasi YouTube businessinsider.comIlustrasi YouTube

KOMPAS.com - Tahun 2020/2021, boleh dibilang menjadi tahunnya Netflix. Pasalnya, platform streaming video-on-demand tersebut mendulang sukses besar. Hal ini dapat dilihat dari total pendapatan dan jumlah pelanggan yang mengalami tren kenaikan.

Tak heran bila Netflix diberikan label sebagai "raja platform streaming". Namun itu semua diramalkan akan berubah tahun ini.

Pada 2022 ini, YouTube-lah yang digadang-gadang bakal menjadi "raja platform streaming" selanjutnya. Hal ini diungkapkan oleh analis Neil Campling dari perusahaan riset Mirabaud Equity Research, baru-baru ini.

Baca juga: Cara Upload Video ke YouTube dari Laptop dan HP

Pendapatan dan jumlah pengguna diprediksi naik

Campling mengatakan, Netflix telah lama menjadi pemimpin di industri platform streaming bila dilihat dari aspek pendapatan.

Namun pertumbuhan berkelanjutan dari YouTube, baik dari segi pendapatan maupun jumlah pengguna, diperkirakan akan melampaui Netflix tahun ini.

Hal ini sudah mulai terlihat dalam laporan pendapatan untuk kuartal III-2021 milik YouTube yang jumlahnya sudah mendekati pendapatan Netflix di periode yang sama.

Bahkan, bila dilihat dari pertumbuhannya, pendapatan YouTube di kuartal III-2021 ini naik lebih signifikan dibandingkan Netflix.

Baca juga: YouTube Music 2021Recap Bisa Dicoba di Indonesia, Ada Playlist 100 Lagu Favorit

Menurut Mirabaud Equity Research, pendapatan iklan YouTube di kuartal III-2021sudah mencapai 7,2 miliar dollar AS (setara Rp 102 triliun), meningkat 43 persen dari tahun ke tahun.

Sementara, pendapatan Netflix di periode yang sama adalah 7,5 miliar dollar AS (kira-kira Rp 106 triliun), meningkat 16 persen dari tahun ke tahun.

Selain pendapatan, jumlah pengguna YouTube juga disebut terus tumbuh. Sayangnya, Campling tidak menyebutkan secara spesifik berapa jumlah pengguna YouTube saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber GizChina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.