Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stagnan, Adu Gede Megapiksel di Smartphone Tahun Ini

Kompas.com - 12/01/2022, 17:08 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun belakangan, pabrikan ponsel berlomba-lomba dalam hal besaran resolusi yang diusung kamera ponsel. Selain untuk kamera belakang, resolusi besar juga diterapkan pada kamera depan.

Namun kompetisi "adu gede megapiksel" ini disebut akan melambat pada tahun 2022. Sehingga kamera yang diusung ponsel-ponsel keluaran tahun ini bakal stagnan atau tidak akan banyak berubah.

Akun Digital Chat Station di situs jejaring sosial Weibo, yang kerap memberikan bocoran dari dalam industri pun memperkirakan alih-alih 108 MP, resolusi kamera 50 MP dinilai bakal banyak dipilih vendor ponsel.

Penyebabnya adalah kurangnya komponen kamera, yang memaksa produsen ponsel untuk hanya bertahan pada perkembangan teknologi kamera yang ada saat ini.

Baca juga: Samsung Umumkan Sensor Kamera Isocell JN1, Dukung Resolusi 50 MP

Upaya ini terpaksa ditempuh vendor ponsel guna mempertahankan tingkat produksi. Dengan kondisi tersebut, beberapa ponsel baru di 2022 mungkin tidak dilengkapi dengan fitur periskop dan sistem stabilisasi yang kompleks.

Lensa periskop sendiri memiliki peran cukup penting bagi produsen untuk meningkatkan kemampuan kamera ponsel. Sebab, sistem ini memungkinkan perbesaran (zoom) gambar optik pada objek yang jauh, demi menghasilkan foto zoom yang lebih baik.

Dikutip KompasTekno dari Gizchina, Rabu (12/1/2022), belum diketahui kapan kelangkaan komponen kamera ini akan berakhir.

Beberapa analis juga merasa pesimis kendala ini dapat teratasi di tahun depan. Meski demikian, beberapa analis lainnya optimistis kondisi ini akan pulih pada paruh kedua 2022.

Baca juga: Oppo Ungkap Prosesor Gambar Marisilicon X untuk Kamera Ponsel

Sensor kamera 50 MP sendiri yang terbaru diproduksi salah satunya adalah Samsung ISOCELL JN1 dengan ukuran sensor 1/2,76 inci. Sensor ini diperkenalkan Samsung pada pertengahan tahun 2021 dan sudah diproduksi massal.

Meski demikian, ada pula vendor sensor kamera Omnivision yang mengumumkan sensor OVB0B, sensor kamera 200 MP, dengan ukuran yang diklaim terkecil untuk resolusi seperti itu, dengan ukuran piksel 0,61 mikron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com