Pria 71 Tahun Selamat dari Serangan Jantung Berkat Drone

Kompas.com - 12/01/2022, 17:48 WIB

KOMPAS.com - Nyawa seorang pria di Swedia yang mendadak terkena serangan jantung, terselamatkan berkat sebuah drone. Cerita bermula saat pria bernama Sven (71) itu sedang mengeruk salju di pertengahan bulan Desember 2021 lalu.

Tiba-tiba, Sven ditemukan pingsan oleh istrinya di luar rumah. Istri Sven lantas menghubungi layanan darurat untuk meminta pertolongan.

Selang beberapa waktu, layanan darurat mengerahkan sebuah drone yang dilengkapi dengan Automated External Defibrillator (AED).

AED merupakan alat medis yang dapat menganalisis irama jantung secara otomatis. Alat ini juga dapat menghantarkan kejutan listrik untuk mengembalikan irama jantung ketika dibutuhkan.

Baca juga: Cara Unik Dubai untuk Datangkan Hujan, Setrum Awan dengan Drone

Secara teknis, kondisi Sven saat itu diperkirakan hanya mampu bertahan 10 menit untuk bertahan hidup. Untungnya, drone yang membawa defibrillator datang lebih cepat.

Layanan darurat yang dihubungi istri Sven, hanya butuh waktu tiga menit untuk mengirimkan drone ke rumahnya yang terletak di kota Trollhattan, Swedia.

Di saat yang bersamaan, seseorang yang kebetulan berprofesi sebagai dokter, lewat di depan rumah Svan di tengah perjalanan ke tempat kerja.

Dokter itu kemudian memberikan resusitasi jantung paru (CPR) untuk pertolongan pertama. Hadirnya dokter tersebut turut membantu Sven mendapat pertolongan menggunakan AED yang dibawa drone.

"Hanya beberapa menit kemudian, saya melihat sesuatu terbang di atas kepala saya. Itu adalah drone dengan defibrillator," kata Mustafa Ali, dokter yang memberikan pertolongan pertama pada Sven.

Baca juga: Kemenhub Luncurkan Aplikasi Registrasi Drone Online Sidopi

Pada akhirnya Sven selamat dari serangan jantung berkat defibrillator yang dibawa drone dengan cepat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.