Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Negara yang Paling Aktif Bicara Game di Twitter, Indonesia Masuk Daftar

Kompas.com - 13/01/2022, 10:04 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Bermain game tampaknya menjadi salah satu aktivitas yang cukup banyak digemari orang Indonesia. Bahkan, warganet Indonesia cukup rajin "nge-tweet" soal game di platform Twitter.

Hal ini dibuktikan oleh laporan terbaru Twitter tentang gaming sepanjang tahun 2021. Dalam laporan itu, salah satu kategori menampilkan daftar negara yang hobi "ngomongin" game di platform mikroblogging itu.

Dari 10 negara teratas yang gemar nge-tweet soal game, Indonesia menduduki posisi ketujuh, diapit Filipina dan Inggris di posisi keenam dan kedelapan secara berurutan.

Baca juga: Trending di Twitter, Apa Itu #TwitterWrapped dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Sementara di posisi pertama, ditempati oleh Jepang yang juga dikenal sebagai negara asal raksasa game ternama, seperti Sony, Square Enix, Namco Bandai, dan masih banyak lagi.

Peringkat kedua dan ketiga masing-masing diisi oleh Amerika Serikat (AS) dan Korea. Thailand dan Brasil juga masuk ke dalam peringkat keempat dan kelima dalam daftar ini. Sayangnya, Twitter tidak merinci berapa jumlah twit tentang game yang diunggah tiap negara.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah daftar 10 negara yang paling banyak "nge-tweet" topik seputar game, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Forbes, Kamis (13/1/2022).

  1. Jepang
  2. Amerika Serikat (AS)
  3. Korea
  4. Thailand
  5. Brasil
  6. Filipina
  7. Indonesia
  8. Inggris
  9. Perancis
  10. India

Baca juga: Dari #Badminton hingga #NFT, Ini 10 Tagar Terpopuler di Twitter Sepanjang 2021

Game paling ramai dibahas di Twitter sepanjang 2021

Selain daftar negara yang paling banyak membahas topik game, laporan itu juga merinci game apa saja yang ramai dikicaukan pengguna Twitter di seluruh dunia.

Di kategori tersebut, Genshin Impact dinobatkan sebagai judul game yang paling banyak dibicarakan oleh pengguna Twitter secara global.

Sejak dirilis pada 28 September 2020 lalu, game role-playing (RPG) besutan Mihoyo ini memang terbukti berhasil mencuri banyak perhatian penggemar.

Baca juga: Daftar 10 Game Terburuk Tahun 2021 Versi Metacritic

Setiap kali ada informasi seputar karakter baru di dalam game, pengguna Twitter langsung berbondong-bondong membahas nama hingga bocoran skill dan animasi dari karakter tersebut.

Genshin Impact juga memiliki banyak penggemar, mengingat game ini hadir banyak platform, seperti PC, PlayStation 4 (PS4), PS5, Android, hingga iOS.

Maka dari itu, tidak heran jika nama-nama karakter di Genshin Impact beberapa kali masuk trending topic di Twitter.

Adapun deretan nama dan handle akun game terpopuler yang paling banyak diperbincangkan di Twitter sepanjang 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Genshin Impact (@GenshinImpact)
  2. Apex Legends (@PlayApex)
  3. Ensemble Stars! (@ensemble_stars)
  4. Final Fantasy (@FinalFantasy)
  5. Fate/Grand Order (@fgoproject)
  6. Animal Crossing: New Horizons (@animalcrossing)
  7. Knives Out (@game_knives_out)
  8. Minecraft (@minecraft)
  9. Project Sekai (@pj_sekai)
  10. Fortnite (@fortnitegame)

Baca juga: Genshin Impact dan League of Legends Wild Rift Dapat Penghargaan dari Apple

Game menjadi salah satu topik yang cukup banyak dibicarakan di media sosial Twitter. Bahkan, topik itu semakin populer, seiring bertambahnya tweet tentang gaming di tahun 2021.

Masih dari laporan yang sama, total ada lebih dari 2,4 miliar kicauan tentang game yang beredar di Twitter sepanjang 2021.

Menurut Twitter Head of Global Gaming Content Partnerships, Rishi Chadha, topik tentang gaming mengalahkan kategori layanan lainnya yang dibahas di Twitter.

Chadha menambahkan angka tersebut tumbuh 14 persen dibandingkan dengan tahun 2020 atau 10 kali lipat dibanding 2010 lalu.

Dari sekian miliaran twitan seputar gaming yang beredar, Indonesia merupakan salah satu negara yang menyumbang tweet gaming terbanyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com